Senin, 22 Jan 2018 10:47 WIB

Aktor Jeon Tae Soo Meninggal, Bisakah Depresi Sebabkan Kematian?

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Aktor Korea Selatan Jeon Tae Soo meninggal di usia 34 tahun. Adik dari aktris ternama Ha Ji Won ini sempat mendapat perawatan dan pengobatan untuk depresi. Foto: Jeon Tae Soo Aktor Korea Selatan Jeon Tae Soo meninggal di usia 34 tahun. Adik dari aktris ternama Ha Ji Won ini sempat mendapat perawatan dan pengobatan untuk depresi. Foto: Jeon Tae Soo
Jakarta - Aktor Korea Selatan Jeon Tae Soo meninggal di usia 34 tahun. Pria yang juga adik dari aktris ternama Ha Ji Won ini sempat mendapat perawatan dan pengobatan untuk depresi yang dialaminya.

"Pada 21 Januari, aktor Jeon Tae Soo meninggal dunia di usia 34 tahun. Mendiang berkali-kali dirawat karena mengalami depresi, dan belum lama ini keadaannya membaik. Pihak keluarga dan teman-teman dekat sangat berduka atas kabar yang tiba-tiba ini," ungkap pihak manajemen, dikutip dari detikHot.

Baca juga: Aktor Korea Jeon Tae Soo 'Sungkyunkwan Scandal' Meninggal Dunia karena Depresi

Depresi merupakan salah satu bentuk gangguan jiwa yang bisa menyerang siapa saja. Namun, bisakah depresi menyebabkan kematian pada seseorang?

dr Andri, SpKJ, FAPM, dari Klinik Psikosomatik RS Omni Alam Sutera, mengatakan bahwa gangguan jiwa seperti depresi tidak bisa menyebabkan kematian. Namun depresi bisa membuat seseorang jadi memiliki keinginan untuk bunuh diri.

Keinginan bunuh diri muncul karena pasien depresi terkungkung oleh pemikiran negatif seperti 'untuk apa lagi saya hidup' atau 'jika saya mati mungkin keadaan akan lebih baik' yang mulai memasuki otak mereka. Bunuh diri juga dianggap sebagai jalan pintas untuk melarikan diri dari masalah.

"Orang yang bunuh diri sudah sampai seperti itu. Jadi dia anggap bunuh diri bisa membuat keadaan lebih baik, bukan hanya untuk dirinya sendiri, namun juga bagi orang lain di sekitarnya," ujar dr Andri ketika dihubungi detikHealth.

Depresi juga bisa menyebabkan kematian pada pasien penyakit kronis. Dikatakan dr Andri, perasaan 'tidak berguna' membuat pasien penyakit yang mengalami depresi malas melanjutkan pengobatan, yang membuat penyakitnya semakin parah.

Tak hanya di otak, depresi juga bisa memengaruhi sistem imun tubuh. Penelitian yang dilakukan oleh University of Texas Health Science Center menyebut stres dan depresi menurunkan sistem imun tubuh.

Akibatnya, pasien depresi lebih mudah mengalami infeksi. Tak hanya itu, keparahan penyakit pun akan semakin meningkat karena depresi membuat inflamasi yang ada di tubuh semakin parah.

"Jadi tidak bisa dikatakan bahwa seseorang meninggal karena depresi. Tapi depresi bisa memperburuk kondisi kesehatan jiwa dan fisik seseorang," paparnya.

Baca juga: Mengenal dan Mengatasi Kecanduan Smartphone

Saksikan video 20detik tentang Jeon Tae Soo meninggal dunia di sini:

(mrs/up)
News Feed