Selasa, 23 Jan 2018 19:35 WIB

Beredar Video Evakuasi Pasien RSUD Pasar Minggu Saat Terjadi Gempa

Suherni Sulaeman - detikHealth
Gempa yang mengguncang Jakarta pada Selasa (23/1) siang bersumber di Banten. (Foto Ilustrasi: Luthfy Syahban/detikcom)
Jakarta - Berdasarkan keterangan resmi dari BMKG pusat gempa siang tadi terjadi di daerah Lebak, provinsi Banten, dengan kekuatan 6,1 skala richter.

Gempa tersebut juga dirasakan di beberapa tempat di Jakarta seperti di Palmerah, Medan Merdeka Selatan, Slipi, Lubang Buaya, termasuk di RSUD Pasar Minggu.

Tak lama setelah terjadi gempa, beredar video para tenaga kesehatan RSUD Pasar Minggu tengah mengevakuasi pasien. Video tersebut dikirim oleh akun bernama @afiffa***28 dan diunggah di akun Instagram @****medsos.

"Inallilahi. .. 23 Januari 2018 Telah terjadi Gempa. Dan inilah sebagian Pasien yg dievakuasi keluar Dari RSUD Pasar Minggu saat terjadinya Gempa. . . ," tulis akun tersebut.

Baca juga: 4 Penyebab Cedera Paling Banyak Saat Terjadi Gempa

Jika dilihat dari video tersebut, tampak semua orang berhamburan berusaha keluar dari gedung rumah sakit. Beberapa pasien dibawa keluar dengan tempat tidur beserta alat infusnya dan tak sedikit juga pasien yang dibawa dengan menggunakan kursi biasa.



Bagi sejumlah warganet, kepanikan yang tergambar dalam video tersebut mengingatkan pada berbagai meme gempa yang juga banyak beredar. Mereka menilai, musibah gempa bumi tidak sepantasnya dijadikan candaan karena di balik semua itu ada yang benar-benar kesusahan karenanya.

"Akun lain yg nyebarin foto2 candaan/lelucon terkait Gempa suruh nonton video ini, lihat kepanikan saudara2 di video ini, gak pantas akun lain terkait gempa (bencana) dijadikan bahan candaan/lelucon," tulis salah seorang warganet dalam komentarnya. (hrn/up)