Rabu, 24 Jan 2018 08:16 WIB

Ketika Pil KB untuk Pria Dibuat dari Bahan Panah Beracun

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Pilihan kontrasepsi yang tersedia saat ini di pasaran lebih banyak ditujukan untuk wanita. Oleh karena itu peneliti di dunia tengah mencoba bagaimana mengembangkan kontrasepsi baru yang bisa dimanfaatkan oleh pria.

Salah satunya adalah dengan pil kontrasepsi yang akrab disebut pil Keluarga Berencana (KB). Terkait hal tersebut sekelompok ilmuwan di Amerika Serikat memiliki pendekatan unik mengembangkan pil KB pria dengan senyawa yang biasa dipakai di panah beracun.

Baca juga: Kontrasepsi Gel untuk Pria Lolos Uji Coba pada Monyet

Dilaporkan oleh Science Alert tim dari University of Minnesota dan University of Kansas menggunakan senyawa ouabain yang bisa didapatkan dari tumbuhan asli Afrika. Para masyarakat tradisional diketahui menggunakan ouabain ini untuk melumpuhkan hewan buruan.

Kaitannya dengan pil kontrasepsi, peneliti menemukan cara bagaimana membuat ouabain secara spesifik mengincar sperma. Tes pada tikus menunjukkan senyawa yang sudah dimodifikasi mampu melumpuhkan sperma menghilangkan kemampuannya untuk berenang.

"Karakteristik ini memberi keuntungan menghalangi fungsi sperma tanpa mempengaruhi sel yang belum matang. Hal ini memungkinkan penghambatan kesuburan pria untuk sementara," tulis peneliti seperti dikutip dari jurnal Medicinal Chemistry, Selasa (23/1/2018).

Di Indonesia sendiri peneliti lokal juga sudah berusaha mengembangkan pil KB pria. Adalah Prof. Dr. Bambang Prajogo E. W., Apt, MS, pengajar dari Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, Surabaya, yang meneliti pil KB dari tanaman perdu Justicia Gendarussa.

Menurut Prof Bambang pil KB Genderussa bekerja dengan menghambat kerja enzim pada sperma yang bertugas menembus selaput sel telur.

Baca juga: Ini Dia Pil KB Pria Pertama di Dunia, Asli dari Indonesia

(fds/up)