Jumat, 26 Jan 2018 11:03 WIB

Tren Menghebohkan Muncul Lagi, Rp 13 Juta Untuk Memutihkan Vagina

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Memutihkan vagina jadi tren terbaru dan dibanderol Rp 13 juta sekali sesi. Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Usai populernya memutihkan penis di Thailand, tren terbaru kembali melanda di Filipina dengan prosuder memutihkan vagina yang disebut 'angel whitening'. Dengan biaya £ 700 atau setara kurang lebih Rp 13 juta sekali sesi, tak hanya memutihkan, vagina diklaim juga bisa lebih kencang dan juga rileks.

Tren ini dilakukan oleh di antaranya klinik Belo Medical Group, yang dikelola oleh ahli bedah kosmetik Vicky Belo menggunakan teknologi laser dan memakan waktu sekitar 30 menit seperti dilaporkan oleh Daily Mail.

Sebenarnya tak hanya di Filipina, sejumlah orang juga sudah secara terang-terangan mengaku telah menggunakan laser untuk perawatan area intimnya, salah satunya adalah Kourtney Kardashian.

Baca juga: Tren Memutihkan Mr P di Thailand Bikin Heboh Warganet

Akan tetapi, Kementerian Kesehatan Thailand telah memberikan wanti-wanti untuk prosedur memutihkan area kelamin. Disebutkan, efek samping yang terjadi dengan melakukan hal itu akan berdampak pada kesehatan, misalnya rasa sakit, peradangan, atau luka dan bahkan bisa berefek pada sistem reproduksi dan kehidupan seks.

Ditambah, menteri kesehatan Thailand juga menuturkan jika perawatan dihentikan, warna kulit akan kembali seperti warna asal dan bisa saja meninggalkan bekas yang kurang enak dipandang.

Baca juga: Krim Pemutih Kulit Sudah Biasa, Cobain Nih 'Krim Penghitam' Kulit

(ask/up)