Senin, 29 Jan 2018 09:48 WIB

6 Alasan Tidak Melewatkan Sarapan Pagi Ini

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Ini alasan-alasan mengapa Anda tak boleh melewatkan sarapan! (Foto: iStock)
Jakarta - Sarapan di pagi hari kerap dilewatkan sebagian orang karena tidak sempat ataupun sudah kesiangan. Padahal sarapan memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan.

Dampak melewatkan sarapan akan terasa secara menyeluruh. Bukan sekadar merasa lapar, kondisi psikologis hingga pola makan bisa berubah.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 6 alasan untuk tidak melewatkan sarapan pagi ini:

Baca juga: 7 Tips Memaksimalkan Manfaat Sehat Sereal untuk Sarapan Bergizi

1. Lemas

Tidak sarapan membuat tubuh terasa lemas. Hal ini terjadi karena kurangnya kadar gula dalam darah untuk diubah menjadi kalori dan sumber energi.

2. Mengantuk

Orang yang tidak sarapan akan lebih mudah merasa ngantuk menjelang siang. Lagi-lagi hal ini karena kurangnya sumber energi sehingga tubuh memasuki mode mengantuk untuk menghemat energi.

3. Susah fokus

Satu lagi dampak kekurangan kalori, otak tidak mendapat sumber energi yang dibutuhkan untuk bekerja. Pikiran pun jadi susah fokus dan tidak konsentrasi saat kerja atau sekolah.

4. Mood jelek

Mood bisa memburuk jika perut kosong. Hal ini berhubungan dengan sistem pencernaan, di mana orang dengan perut terisi memiliki suasana hati yang lebih baik.

5. Menstruasi tidak teratur

Sebuah penelitian tahun 2010 menyebut pola makan berhubungan dengan sistem hormonal wanita. Mereka yang makan tidak teratur, termasuk melewatkan sarapan, akan lebih rentan mengalami menstruasi tidak teratur hingga nyeri haid parah.

6. Risiko kegemukan

Salah besar jika menganggap melewatkan sarapan bisa membuat berat badan turun. Penelitian membuktikan bahwa mereka yang melewatkan sarapan akan makan lebih banyak saat makan siang dan makan malam, yang justru mengacaukan diet.

Baca juga: Ingin Perut Buncit Jadi Rata? Ikuti 7 Tips Ini (mrs/lll)