Jumat, 02 Feb 2018 17:36 WIB

Pemegang Rekor Pria Tertua di Dunia Tutup Usia pada 113 Tahun

Widiya Wiyanti - detikHealth
Pria tertua di dunia, Francisco Nunez Olivera. Foto: YouTube
Jakarta - Pria yang dinobatkan menjadi pria tertua di dunia saat ini yaitu Francisco Nunez Olivera meninggal setelah usianya mencapai 113 tahun. Pria asal Bienvenida, Spanyol ini meninggal dunia pada 29 Januari 2018 pukul 10.30 malam waktu setempat.

Padahal ia baru merayakan ulang tahunnya ke 113 pada 13 Desember 2017. Ia meninggalkan empat anak, sembilan cucu, dan 15 cicit. Semua orang di desa berduka atas kepergiannya.

"Dalam beberapa tahun terakhir ini sangat berarti bagi kami, dia mewakili desa kami dan dia telah membantu membuat kami dikenal dan dicintai," ujar Walikota Bienvenida, Antonio Carmena dikutip dari New York Post.

Baca juga: Pecahkan Rekor, Ini Dia Keluarga Paling Panjang Umur Sedunia

Putrinya yang berusia 82 tahun, Maria Antonia mengatakan bahwa umur ayahnya yang panjang itu dikaitkan dengan diet serta gaya hidup sehat yang ia terapkan. Seperti selalu mengonsumsi sayuran yang ia tanam sendiri di halaman rumahnya.

Menghabiskan waktu setiap hari bersama ayahnya, Maria mengungkapkan bahwa ayahnya itu tidak tengah mengalami sakit yang cukup serius.

"Kesehatannya baik dan tidak memiliki sakit atau penyakit apapun," tuturnya.

Walikota Antonio Carmona juga menambahkan bahwa Olivera adalah sosok orang yang harus ditiru karena memiliki kualitas hidup yang sangat sehat.

"Dia adalah contoh hidup dari kualitas kehidupan yang baik. Bebas polusi dan pekerjaannya bebas dari stres serta menerapkan hidup tradisional," ungkapnya.

Sepeninggalan Olivera, saat ini artinya rekor pria tertua di dunia dipegang oleh pria Jepang Masazou Nonaka, yang lahir pada tanggal 25 Juli 1905, dan saat ini berusia 112 tahun dan 189 hari.

Baca juga: Usia Harapan Hidup Terus Bertambah, Berapa Lama Manusia Bisa Hidup?

(wdw/mrs)