Sabtu, 03 Feb 2018 17:12 WIB

Dibully Karena Gendut, Pria Ini Bangkit Jadi Jawara Kontes Pria Terkuat

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Memiliki tubuh besar dan berbadan gemuk, pria ini sering dibully. Namun ia bangkit dan menemukan karir sebagai juara kontes pria terkuat. Foto: instagram/IronBiby
Jakarta - Memiliki tubuh besar dan berbadan gemuk, Cheick Ahmed al-Hassan Sanou kerap dibully saat masih remaja. Pria kelahiran Burkina Faso ini memiliki badan besar dengan tinggi 190 cm dan bobot 122 kg saat berusia 16 tahun.

Dengan tubuh sebesar itu, wajar jika ia menarik perhatian. Biby, panggilan akrabnya, pun dibully dengan panggilan anak gendut, bocah agar-agar, hingga raksasa.

Baca juga: Wanita Terkuat di Inggris, Bisa Tarik Truk dan Mobil dengan 'Tangan Kosong'

"Orang-orang Burkina Faso tidak banyak yang memiliki tubuh besar. Aku selalu disoraki ketika mengikuti lomba lari ataupun perlombaan olahraga lainnya," ujar Biby, dikutip dari BBC.

Sampai suatu ketika, Biby tanpa sengaja mendorong salah satu pembullynya hingga terjatuh. Sejak saat itu ia sadar bahwa tubuhnya lebih kuat daripada orang-orang seusianya, dan memutuskan untuk fokus ke olahraga.

Pindah ke Kanada untuk melanjutkan pendidikan. Biby mendapat respek dari rekan satu tim dan pelatihnya. Karena berbadan besar dan kuat, Biby diterima sebagai anggota tetap klub basket.

Memasuki bangku perkuliahan, Biby mulai serius menekuni bidang angkat beban. Ia pun memutuskan untuk serius menjadi atlet angkat beban, dan mengikuti perlombaan pertamanya di tahun 2013.

Kejuaraan demi kejuaraan pun dilakoninya. Mulai dari kompetisi regional hingga internasional, dari angkat besi hingga kontes pria terkuat, pria yang mendapat julukan Iron Biby ini sudah tak lagi malu memiliki tubuh yang besar.

Mimpi Biby kini hanya satu, meraih gelar pria terkuat sedunia di kontes pria terkuat yang akan diselenggarakan sebentar lagi. Ia ingin mengukir sejarah sebagai pria Burkina-Faso pertama yang mendapat gelar tersebut.

"Aku ingin mendapat gelar pria terkuat, dan membawanya pulang ke Burkina Faso. Aku ingin membuktikan bahwa terlahir besar bukan akhir dari segala mimpimu," tandasnya.

Baca juga: Serunya Para Jagoan Crossfit Ngumpul di Cilandak


(mrs/up)