Senin, 05 Feb 2018 16:35 WIB

Jasad Tetap Utuh Setelah 10 Tahun, Mungkin Ini Penjelasan Ilmiahnya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Jasad perempuan masih utuh setelah dikubur 10 tahun. Foto: Yakub Mulyono Jasad perempuan masih utuh setelah dikubur 10 tahun. Foto: Yakub Mulyono
Jakarta - Dusun Krajan, Desa Sukorejo, Kecamatan Bangsalsari, Jember dihebohkan oleh penemuan jasad perempuan yang masih tetap utuh setelah terkubur selama 10 tahun.

Yaitu jasad Sumini, yang ditemukan setelah pagar pemakaman ambrol karena banjir. Pihak keluarga menemukan jasad Sumini masih terbungkus kain kafan.

"Mayat yang ditemukan di bagian pagar makam yang ambrol terkena banjir itu memang benar ibu saya, ibu Sumini, meninggal 10 tahun lalu," kata salah seorang anak Sumini, Hasan, dikutip dari detikNews, Senin (5/2/2018).

Baca juga: Heboh, Jasad Perempuan di Jember Terkubur 10 Tahun Masih Utuh

Kejadian ini kerap kali dikaitkan dengan hal spiritual, namun secara ilmiah ada juga fenomena yang bisa menjelaskannya.

Dilansir dari Live Science, kejadian ini dikaitkan dengan adiposera, yaitu senyawa organik yang terbentuk melalui reaksi hidrolisis oleh bakteri anaerob pada jaringan adiposa (jaringan lemak) di dalam tubuh.

Dengan senyawa ini, lemak di jaringan lunak berubah menjadi zat seperti sabun keras sebuah proses yang disebut saponifikasi. Zat ini bertindak sebagai pengawet dan memperlambat dekomposisi (proses penguraian) normal.

Mengapa ada jenazah yang bisa awet karena adiposera dan ada yang tidak dipengaruhi oleh beberapa faktor. Adiposera sendiri secara optimal terbentuk bila jenazah berada pada lingkungan dengan kelembaban yang tinggi dan minim oksigen.

Baca juga: Jasad Sumini Akhirnya Dimakamkan, Keluarga: Semoga Khusnul Khotimah


(wdw/fds)