Selasa, 06 Feb 2018 17:35 WIB

Waspadai Penyakit yang Sering Muncul Saat Banjir dan Musim Hujan

Suherni Sulaeman - detikHealth
Waspadai penyakit yang sering muncul saat banjir dan musim hujan/Foto: Thinkstock Waspadai penyakit yang sering muncul saat banjir dan musim hujan/Foto: Thinkstock
Jakarta - Hujan lebat, banyaknya genangan air, hawa dingin serta sering melakukan kontak dengan orang atau benda yang terkontaminasi virus membuat banyak orang tertular penyakit tertentu. Apalagi bila daya tahan tubuh menurun.

Mungkin Anda bisa saja menganggap enteng hal itu, tetapi bukan tidak mungkin penyakit umum yang biasa muncul di musim hujan ini mengakibatkan komplikasi. Oleh karenanya, kita harus lebih waspada terhadap kemungkinan penyakit-penyakit yang kerap muncul saat banjir dan musim hujan.

Baca juga: Banjir Kampung Pulo Belum Surut, Petugas Lakukan Penyedotan

Menurut dr Kevin William Hutomo, untuk penyakit-penyakit yang sangat mudah terjadi saat banjir dan musim hujan antara lain adalah batuk, pilek, dan sesak napas karena asma. Nah, paling tidak, ketika mengetahui penyakit-penyakit yang bakal muncul pada kondisi seperti ini, kita jauh lebih siap dalam menangani serta mencegahnya.

Baca juga: Musim Hujan dan Banjir, Cegah Flu dan Pilek dengan 4 Langkah Simpel Ini

"Perlu dipertimbangkan memiliki stok obat bilamana penyakit ini datang kita dapat langsung meminum obat-obatan tersebut agar keluhan tidak semakin parah," tegas dr Kevin saat dihubungi detikHealth.

Baca juga: Penampakan Banjir di Kebon Pala Dilihat dari Udara

Selain memasok obat-obatan, imbuh dr Kevin, stok makanan juga perlu disediakan agar bilamana akses keluar rumah tertutup karena banjir.

"Stok makanan selama beberapa hari dapat kita konsumsi," jelasnya singkat.

Baca juga: Musim Hujan dan Banjir, Cegah Flu dan Pilek dengan 4 Langkah Simpel Ini (2) (hrn/up)
News Feed