Rabu, 07 Feb 2018 09:00 WIB

Astaxanthin Amankah Dikonsumsi?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Potongan video yang diduga telur palsu (Foto: viral) Potongan video yang diduga telur palsu (Foto: viral)
Jakarta - Sebuah video viral di Facebook memperlihatkan kuning telur yang susah hancur. Keterangan yang menyertai video tersebut menyebut bahwa telur tersebut adalah telur palsu. Tak sedikit orang yang menyebutkan kandungan astaxanthin sebagai senyawa yang melatarbelakangi mengapa kuning telur tersebut punya tekstur seperti itu.

Dihubungi oleh detikHealth, dr Hari Nugroho dari Institute of Mental Health Addiction And Neurosience (IMAN) menjelaskan astaxanthin sendiri merupakan antioksidan yang penggunaannya lebih sering untuk suplementasi.

"Riset-riset yang dilakukan memperlihatkan ada bukti untuk menurunkan trigeliserid dan menaikan HDL serta menurunkan LDL," imbuhnya pada pesan singkat.

Baca juga: Heboh Video 'Telur Palsu' Cangkang Disebut Mirip Kertas

Astaxanthin berasal dari algae yang ada di laut dan memberikan warna merah pada seafood seprti ikan salmon, trout, atau udang. Pada produksi telur, masih menurut dr Hari, sumplemen astaxanthin membuat kuning telur menjadi kemerahan.

"Prinsipnya penggunaan astaxanthin cenderung aman, tidak ada masalah, cuma pada wanita hamil perlu berhati-hati karena belum ada riset, jadi belum diketahui efeknya," ujar dr Hari.

Ketika ditanya mengenai mengapa kuning telur yang mengandung astaxanthin lebih sulit hancur, dr Hari menuturkan belum mengetahui hal ini secara pasti.

"Kemungkinan karena efek antioksidannya itu, tapi enggak masalah sebenarnya, karena relatif aman," tandasnya.

Baca juga: Video Kuning Telur Susah Hancur, 'Telur Palsu' atau Astaxanthin?

(ask/up)