Rabu, 07 Feb 2018 18:04 WIB

Gara-gara Sering Bunyikan Jari, Pria Ini Diserang Bakteri Pemakan Daging

Firdaus Anwar - detikHealth
Bakteri pemakan daging menyerang pria asal Kentucky, Amerika Serikat. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Saat merasa sedang pegal, beberapa di antara kita mungkin terbiasa membunyikan buku-buku jari. Nah aktivitas yang seringkali dinilai tidak berbahaya ini ternyata berakhir buruk bagi seorang pria 31 tahun dari Kentucky, Amerika Serikat.

Antoine Boylston bercerita bahwa pada April 2016 lalu dirinya tengah bekerja sambil iseng membunyikan buku-buku jari seperti yang biasa ia lakukan. Namun ada hal yang berbeda karena setelahnya ia merasakan nyeri.

Baca juga: Mengenal Bakteri Pemakan Daging

Rasa sakit tersebut semakin parah sampai Antoine mengira ia tak sengaja mematahkan jari kelingking. Ia pun ke rumah sakit di mana dokter menemukan penyebab sebenarnya.

"Ketika sampai di rumah sakit, tangan kanan saya sudah terlihat menghitam dan membengkak," ungkap Antoine seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (7/2/2018).

Antoine didiagnosa terinfeksi oleh bakteri pemakan daging. Kemungkinan bakteri masuk menginfeksi ketika bekas luka pada jari Antoine kembali terbuka saat ia membunyikannya.

Lembaga Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebut infeksi oleh bakteri pemakan daging bisa begitu cepat menyebar. Dalam hitungan jam kulit dapat memerah atau ungu dan pada beberapa orang mungkin timbul nanah.

Antoine sendiri langsung mendapatkan operasi darurat di mana dokter membuka tangannya dari ujung hingga sikut untuk membuang infeksi. Ia juga mendapat transplantasi kulit yang diambil dari pahanya sendiri.

"Dokter mengingatkan bahwa saya mungkin akan kehilangan tangan. Tapi bila saya menunggu lebih lama saya mungkin akan kehilangan seluruh lengan atau lebih parahnya meninggal," ujar Antoine yang sekarang sudah pulih namun hanya bisa menggerakan dua jarinya.

Baca juga: Dampak Badai Harvey, Infeksi Bakteri Pemakan Daging Meningkat (fds/up)