Rabu, 07 Feb 2018 20:02 WIB

Bikin Tenang, Rock Balancing Disebut Punya Manfaat Mirip Yoga

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Rock balancing disebut punya manfaat mirip yoga. Foto: Situs Llano Earth Art Fest Rock balancing disebut punya manfaat mirip yoga. Foto: Situs Llano Earth Art Fest
Jakarta - Rock balancing tidak hanya sekadar hobi untuk menghabiskan waktu luang. Kegiatan menyusun batu menjadi indah dan menarik ini juga menenangkan, dan disebut punya manfaat mirip yoga.

Michael Grab sudah 10 tahun menjadi praktisi rock balancing. Selama itu pula, ia merasakan manfaat yang disebutnya menenangkan dan memiliki efek meditasi.

Baca juga: Rock Balancing Bisa Jadi Latihan Otak untuk Cegah Pikun

"Menyusun batu-batu ini memerlukan konsentrasi keras, dan Anda tanpa sadar menutup pikiran dari hal-hal lain di luar itu. Kondisi ini mirip dengan samadhi dalam yoga," ujarnya, dikutip dari Wanderlust.

Rock balancing merupakan kegiatan yang menyusun batu-batu dari alam, biasa dilakukan di sungai ataupun pegunungan. Terdapat beberapa gaya rock balancing yang populer, seperti rock stacking yang menyusun batu secara vertikal.

Ada pula classic balance, di mana dua batu disusun secara horizontal dan saling menyangga dalam posisi yang berdampingan. Gaya lainnya adalah gaya bebas, di mana batu-batu dipadukan sesuka hati namun membentuk susunan yang menarik.

"Aku seakan menyatu bersama batu-batu itu, dan tidak ada hal lain di sekitarku. Hal ini membuatku merasa tenang dan rileks, meskipun konsentrasi dilakukan secara terus menerus untuk mencegah batu tersenggol atau terjatuh," tambahnya lagi.

Dihubungi detikHealth, dr Frandy Susatia, SpS, dari RS Siloam Kebon Jeruk mengatakan rock balancing adalah hobi yang baik karena bermanfaat bagi kesehatan. Rock balancing bisa melatih kesabaran dan konsentrasi, terutama bagi pengidap tremor yang ingin melatih kontrol tangan.

Rock balancing juga bisa menjadi senam bagi otak. Hal ini dikarenakan proses pengerjaan rock balancing menggunakan kedua belah otak, yakni otak kanan dan otak kiri.

"Mengambil batunya, menggenggam, itu kan motorik halus. Sementara menyusunnya supaya tidak jatuh dan seimbang itu motorik kasar," jelasnya.

Baca juga: Punya Hobi Rock Balancing Baik Bagi Pengidap Tremor

(mrs/ask)