Kamis, 08 Feb 2018 11:45 WIB

Begini Penampakan Sistem Saraf Tubuh Manusia Kalau Dibentangkan

Firdaus Anwar - detikHealth
Butuh waktu sekitar 1.500 jam untuk dua mahasiswa kedokteran mengoperasi seluruh sistem saraf manusia. (Foto: Live Science/Museum of Osteopathic Medicine) Butuh waktu sekitar 1.500 jam untuk dua mahasiswa kedokteran mengoperasi seluruh sistem saraf manusia. (Foto: Live Science/Museum of Osteopathic Medicine)
Jakarta - Pada musim gugur tahun 1925 dua orang mahasiswa kedokteran di Missouri, Amerika Serikat, menerima sebuah tantangan. Keduanya diminta untuk secara hati-hati menguliti sistem saraf dari jenazah manusia secara utuh mulai dari ujung kepala sampai kaki.

Setelah menghabiskan waktu sekitar 1.500 jam, Schalck dan Ramsdell berhasil melakukannya. Pekerjaan mereka diabadikan di museum Osteopathic Medicine dan menjadi bahan pelajaran bagi para dokter muda hingga sekarang.

Baca juga: Penampakan Perut-perut 'Sixpacks' Saat dalam Kondisi Normal (2)

"Kadang mereka datang setelah melakukan tes untuk membandingkan hasil pekerjaannya. Bagi yang akrab dengan pekerjaan operasi tahu ini adalah sebuah mahakarya," ujar Direktur Museum Jason Haxton kepada Live Science dan dikutip Kamis (8/2/2018).

Foto sistem saraf tubuh manusia ini belakangan viral di internet. Disebutkan hanya ada empat buah pekerjaan serupa seperti yang dilakukan Schalck dan Ramsdell di seluruh dunia.

Penampakan lengkap seluruh saraf di tubuh manusia.Penampakan lengkap seluruh saraf di tubuh manusia. Foto: Live Science/Museum of Osteopathic Medicine

Menurut Jason sebagai murid Schalck dan Ramsdell mencolok karena memiliki ketrampilan operasi yang begitu hebat. Oleh karena itu bila biasanya murid lain menerima tugas mengoperasi tangan manusia, keduanya mendapat tugas untuk mengoperasi seluruh tubuh.

"Setelah berhasil membersihkan saraf di tubuh jenazah, mereka pelan-pelan menggulungnya dengan kapas yang sudah basah dengan cairan pengawet... Jadi saat masih dalam proses pengerjaan, yang terlihat saat itu hanya segumpal kapas," kata Jason.

Baca juga: Penampakan Perut Bergelambir Saat Berat Badan Susut Ekstrem (fds/up)
News Feed