Jumat, 09 Feb 2018 14:03 WIB

Bincang Sehat

Video: Benarkah Telapak Tangan Berkeringat Tanda Penyakit Jantung?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Benarkah telapak tangan yang berkeringat indikasi penyakit jantung?/Foto: Thinkstock
Jakarta - Berkeringat, siapa sih yang tidak pernah mengalaminya. Tapi kalau hanya telapak tangan yang sering berkeringat, bagaimana ya? Nah, sebagian besar orang mungkin pernah mendengar bahwa telapak tangan berkeringat tanda penyakit jantung. Apakah hal tersebut benar, atau sekadar mitos?

"Itu mitos, karena tidak semua tangan yang berkeringat itu penyakit jantung," tegas dokter spesialis jantung, dr Ayuthia Putri Sedyawan, BMedSc, SpJP, FIHA atau yang akrab disapa dr Ayu dalam video Bincang Sehat.

Ia menjelaskan, bisa saja telapak tangan berkeringat karena hormon yang tinggi dan alasan lainnya. Sementara, pada seseorang yang berisiko penyakit jantung punya indikasi berkeringat sampai membasahi pakaian.

"Basah baju. Keringatannya itu sampai basah karena dia saking sakitnya, dan itu karena ada sifatnya parasimpatetik. Jadi ada stimulasi dari hormon yang menyebabkan baju sampai basah," terang dr Ayu.

Baca juga: Beda Sakit Jantung, Beda Juga Penanganannya

Apakah sering kaget juga tanda lemah jantung?

Lemah jantung, imbuh dr Ayu, sebenarnya bukan fungsi pompa jantungnya yang sudah lemah dan keluhannya pun bukan sering kagetan tapi cepat capek, sesak napas, tidur tidak bisa terlentang, dan kaki bengkak.

"Itu yang namanya lemah jantung, bukan karena kaget," singkat dr Ayu.

Baca juga: Kaitan Tidur Ngorok dengan Penyakit Jantung, Ini Kata Dokter

Untuk mengetahui penjelasan dr Ayu mengenai jantung, simak di video berikut ini ya:

(hrn/up)