Sabtu, 10 Feb 2018 17:19 WIB

SUV Mewah Tabrak Pesepeda, Ini Tips Bersepeda yang Aman

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ikuti beberapa tips bersepeda dengan aman. Foto: Andhika Saputra Ikuti beberapa tips bersepeda dengan aman. Foto: Andhika Saputra
Jakarta - Pagi tadi, Sabtu (10/2/2018) terjadi tragedi mobil SUV mewah menabrak rombongan pesepeda di Jalan Gatot Subroto, jakarta Selatan. Parahnya lagi, tragedi itu memakan satu korban meninggal.

"Ada kecelakaan rombongan sepeda tadi pagi jam 06.00 WIB di Gatot Subroto. Dari rombongan sepeda Bekasi ditabrak oleh B-2765-SBM," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra dikutip dari detikNews.

Kejadian tersebut harusnya bisa membuat kita lebih waspada saat berkendara, baik kendaraan bermotor maupun sepeda.

Baca juga: SUV Mewah B-2765-SBM Tabrak Lari Pesepeda di Jalan Gatot Subroto

Bersepeda harusnya bisa menjadi salah satu olahraga yang cukup baik dan juga aman. Maka dari itu, detikHealth merangkum dari berbagai sumber tips-tips bersepeda yang aman.

1. Hindari jalan ramai

Salah satu cara aman bersepeda yaitu menghindari jalan yang ramai, seperti jalan raya yang dilalui banyak mobil atau motor. Atau ambil jalur khusus sepeda di mana tidak dilalui oleh kedaraan bermotor. Biasakan bersepeda di jalur sepeda untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

2. Gunakan lampu

Bukan hanya motor dan mobil, sepeda juga sangat penting diberi lampu, terutama saat bersepeda di malam hari. Lampu utama sama pentingnya dengan lampu belakang.

3. Jangan dengarkan musik

Sama halnya dengan mengendarai motor, bersepeda juga sebaiknya tidak sambil mendengarkan musik. Lebih penting untuk mendengarkan apa yang ada di sekitarmu saat bersepeda.

4. Lakukan pemanasan

Sebelum bersepeda, sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk menghindari ketegangan otot-otot atau cedera yang lebih buruk.

Baca juga: Potret Kaki Berotot Penuh Urat Orang-orang yang Rajin Bersepeda

(wdw/up)
News Feed