Senin, 12 Feb 2018 13:30 WIB

Chia Seed, Si Superfood Kecil yang Penuh Manfaat Bagi Tubuh

Suherni Sulaeman - detikHealth
Manfaat superfood chia seed yang penuh manfaat bagi kesehatan tubuh/Foto: iStock Manfaat superfood chia seed yang penuh manfaat bagi kesehatan tubuh/Foto: iStock
Jakarta - Chia seed belakangan cukup digemari oleh para pecinta makanan organik. Kecil, tapi konon memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, apalagi untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan hingga ideal.

Dikutip dari herworld, chia seed berasal dari Meksiko yang telah lama digunakan oleh suku Maya dan Aztec. Penelitian telah membuktikan bahwa biji ini punya sederet manfaat. Karena chia seed tanpa memiliki rasa, jadi bisa menjadi bahan serbaguna yang mudah ditambahkan ke dalam makanan. Lantas, apa saja manfaat chia seed?

Baca juga: 5 Camilan Enak Sekaligus Sehat, Cocok Untuk Diet

1. Mencegah penuaan kulit

Biji mungil ini mengandung antioksidan, zat yang membantu mempercepat proses perbaikan kulit dan mencegah kerusakan lebih lanjut. Tidak hanya memperlambat penuaan kulit, makanan super ini juga mampu meningkatkan kadar kolagen yang bisa membuat kulit kencang dan berkilau.

Selain dikonsumsi, juga bisa diaplikasikan secara topikal, mengoleskannya pada permukaan kulit. Caranya cukup menggiling biji dengan penggiling kopi atau rempah-rempah agar nutrisinya bisa dengan mudah sampai ke kulit. Campur dengan beberapa air kemudian menerapkannya langsung ke wajah sebagai masker.

2. Meningkatkan energi dan metabolisme

Mengonsumsi chia seed berguna sebagai penambah tenaga bagi tubuh. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa mengonsumsi chia seed sebelum berolahraga mampu meningkatkan energi yang sama seperti minum minuman berenergi, namun tanpa kadar gula yang tinggi.

Mengambil asupan satu porsi chia seed sudah bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan bahkan membakar lemak perut. Karena biji ini tidak terlalu banyak rasanya, chia seed bisa dicampur ke dalam smoothies.

3. Melawan kanker payudara dan kanker serviks

Komponen asam lemak omega-3 yang ditemukan pada biji chia telah terbukti membatasi pertumbuhan sel kanker. Studi juga menunjukkan bahwa mengonsumsi chia seed dapat membunuh sel kanker tanpa membahayakan sel normal.

Makanan lain yang bisa membantu melawan kanker payudara atau kanker serviks adalah apel, persik dan stroberi. Semua bahan tersebut bisa dicampur ke dalam satu wadah atau mangkuk. Supaya makin nikmat, bisa juga ditambahkan es krim.

4. Membuat kenyang lebih lama

Chia seed merupakan makanan berserat tinggi. Serat tersebut berperan untuk menyerap asupan air yang banyak sehingga perut akan merasa kenyang lebih lama. Selain itu, asupan protein yang tinggi yang terkandung di chia seed juga membantu mengurangi napsu makan. Dengan begitu porsi makan akan berkurang dan dengan mudah menurunkan berat badan.

Baca juga: 6 Snack Sehat yang Boleh Kamu Makan Saat Diet

5. Meredakan stres

Tryptophan, asam amino yang ditemukan pada biji chia, dapat membantu tubuh menghasilkan hormon serotonin yang membuat perasaan tenang. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa hal itu dapat membantu melawan kecemasan.

Dapatkan resep puding dengan chia seed di internet. Makanan tersebut merupakan makanan penutup yang lezat dan sehat yang bisa dinikmati setelah melewati hari yang panjang dan melelahkan di tempat kerja.

Baca juga: Nggak Perlu Diet, Ini Cara Ampuh Turunkan Berat Badan

(hrn/up)
News Feed