Selasa, 13 Feb 2018 09:35 WIB

Pasien Skizofrenia Bisa Kendalikan Halusinasinya Berkat Game Ini

Firdaus Anwar - detikHealth
Pasien skizofrenia dapat mengalami halusinasi yang membuatnya tidak bisa membedakan kenyataan. Namun dengan bantuan game halusinasi tersebut dapat ditekan. Foto: BBC Pasien skizofrenia dapat mengalami halusinasi yang membuatnya tidak bisa membedakan kenyataan. Namun dengan bantuan game halusinasi tersebut dapat ditekan. Foto: BBC
Jakarta - Skizofrenia adalah penyakit kejiwaan di mana seseorang yang mengalaminya bisa mengalami halusinasi, muncul pikiran tidak jelas, dan mendengar suara-suara yang di dalam pikiran. Hal ini sering membuat para penyandang skizofrenia jadi terpaksa menarik diri dari aktivitas sehari-hari.

Penyakit ini tidak bisa disembuhkan namun bisa dicegah atau ditekan dengan berbagai macam terapi. Salah satu terapi tersebut yang paling baru adalah dengan menggunakan game seperti diteliti oleh para ilmuwan Inggris.

Baca juga: Begini Rasanya Hidup dengan Skizofrenia

Dalam eksperimen kecil dr Natasza Orlov dari King's College London meminta 12 pasien skizofrenia untuk main game mendaratkan roket. Agar roket ini bisa sukses mendarat para pasien harus mengikuti strategi dalam pikirannya dan hal ini yang diharapkan dapat menekan halusinasi suara.

Tes MRI menunjukkan dengan cara ini pasien dapat lebih mengontrol bagian otak yang sensitif terhadap suara manusia. Dampaknya mereka pun melaporkan halusinasi yang lebih halus dibandingkan sebelum terapi dengan game.

"Meski studi ini masih dalam skala kecil dan tidak ada kelompok kontrol, hasilnya cukup memuaskan," kata dr Natasza seperti dikutip dari BBC, Selasa (12/2/2018).

"Kami berencana akan menguji teknik ini pada sampel acak yang lebih besar," lanjutnya.

Dengan adanya terapi baru diharapkan akan membawa pilhan untuk para pasien skizofrenia yang mungkin tidak bereaksi dengan baik terhadap terapi yang sudah ada saat ini.

Baca juga: Orang-orang dengan Skizofrenia Rata-rata Orang Pintar?

(fds/up)
News Feed