Selasa, 13 Feb 2018 10:06 WIB

Wow! Ada Lampu Ultraviolet Khusus Untuk Hentikan Flu di Musim Hujan

Widiya Wiyanti - detikHealth
Para ilmuwan dari Universitas Columbia mengembangkan lampu dengan sinar jauh ultraviolet-C (UVC) untuk membunuh virus flu dan menghentikan penyebaran. Foto: iStock Para ilmuwan dari Universitas Columbia mengembangkan lampu dengan sinar jauh ultraviolet-C (UVC) untuk membunuh virus flu dan menghentikan penyebaran. Foto: iStock
Jakarta - Musim hujan memang identik dengan munculnya flu yang bisa menyerang siapa saja, terutama orang-orang yang sistem imunitasnya kurang baik.

Tapi tenang saja, para ilmuwan dari Universitas Columbia telah menemukan lampu ultrviolet khusus yang bisa menjadi senjata ampuh usir flu di kala musim hujan menyerang.

Para ilmuwan menggunaka sinar jauh ultraviolet-C (UVC) dengan mengujinya jauh di ruangan yang mensimulasikan seperti kondisi di ruang publik. Mereka menemukan bahwa sinar jauh UVC bisa membunuh virus flu secara selektif di udara bebas.

Penelitian yang dipublikasikan di Scientific Reports ini menyatakan bahwa sinar jauh UVC berbeda dengan UV yang diketahui dapat membunuh kuman namun berdampak bisa menyebabkan kanker dan katarak pada manusia. Sinar jauh UVC ini tidak menimbulkan bahaya apapun.

"Cahaya jauh UVC memiliki rentang yang sangat terbatas dan tidak dapat menembus lapisan sel kulit mati dari kulit manusia atau lapisan air mata di mata, jadi ini tidak bahaya bagi kesehatan manusia," ujar David J. Brenner, peneliti utama seperti dikutip dari New York Post.

Baca juga: Saran Dokter Supaya Flu Tak Menjadi Komplikasi yang Mematikan

"Tapi karena virus dan bakteri jauh lebih kecil dari sel manusia, sinar jauh UVC bisa mencapai DNA manusia dan membunuh mereka (virus dan bakteri)," imbuhnya.

Sebelumnya, para ilmuwan sudah menguji sinar jauh UVC ini pada bakteri MRSA (Methicillin-resistant Staphylococcus aureus) dan dilaporkan dapat membunuh bakteri tersebut tanpa membahayakan kulit manusia.

Brenner percaya sinar ini dapat membunuh semua virus flu atau penyakit yang bertebaran di udara. "Penggunaan lampu UVC tingkat rendah di tempat umum akan menjadi metode yang aman dan efisien untuk membatasi penularan dan penyebaran penyakit mikroba yang dimediasi oleh udara, seperti influenza dan tuberkulosis," ungkapnya.

Nantinya, lampu sinar jauh UVC ini bisa digunakan di ruang publik, seperti rumah sakit, sekolah, dan kantor untuk menghentikan penularan.

Baca juga: 4 Langkah Hindari Tertular Flu dari Teman Kantor

(wdw/up)
News Feed