Rabu, 14 Feb 2018 20:00 WIB

Gaya Hidup Sehat dan Rajin Olahraga, Wanita Ini Bisa Kena Kanker Payudara

Widiya Wiyanti - detikHealth
Walaupun rajin olahraga dan pola makannya sehat, Tri Oetami tetap terdiagnosis kanker payudara.Foto: Widiya/detikHealth Walaupun rajin olahraga dan pola makannya sehat, Tri Oetami tetap terdiagnosis kanker payudara.Foto: Widiya/detikHealth
Jakarta - Tak pernah terbayang di hidup Tri Oetami bahwa dirinya bisa terkena penyakit yang cukup membahayakan, yaitu kanker payudara. Bagaimana bisa seorang wanita yang menerapkan gaya hidup sehat dan rutin berolahraga bisa terkena penyakit itu.

Pertama kali menemukan hal aneh di payudaranya, wanita yang akrab disapa Oeoet ini segera memeriksakannya ke dokter. Setelah melakukan serangkaian pemeriksaan, keluar lah hasil pemeriksaan mammografi dan foto thorax yang dokter curigai itu adalah kanker.

"Mammografi dan foto thorax saya langsung periksa dan hasilnya dokter makin yakin itu ke arah kanker. Akhirnya suami saya menyarankan saya untuk operasi saja, kalau bukan kanker toh tumor itu nggak ada manfaatnya untuk badan saya. Akhirnya biopsi dan operasi," ujarnya kepada detikHealth.

Baca juga: Perjuangan Leni yang Naik Angkutan Umum untuk Kemoterapi

Setelah operasi, hasil laboratorium pun benar-benar menyatakan itu adalah sel kanker namun beruntungnya masih terdeteksi sejak dini, yaitu stadium awal.

"Saya terdeteksi masih dalam stadium yang sangat dini. Sempat nggak percaya karena di keluarga saya nggak ada yang pernah terdeteksi kanker apapun, ditambah hidup saya sehat. Tapi yang saya syukuri saya terdeteksi di staidum yang masih dini," cerita Oeoet.

Ternyata Oeoet menyadari bahwa gaya hidup sehatnya itu bisa menahan sel kanker menyebar lebih luas dan membuatnya terdeteksi di stadium awal. Dokter menyatakan bahwa pemicu sel kanker payudaranya berasal dari masalah hormonal, yaitu hormon esterogen dan progesteron yang terlalu bereaktif.

"Bahkan ketika itu yang saya rasakan tubuh saya dalam kondisi yang sedang fit. Saya dalam kondisi yang sangat sehat, karena saya yakin sekali saya dalam kondisi tubuh yang sehat. Setiap hari saya pergi ke gym untuk olahraga, saya menjaga makanan saya, saya bukan orang yang suka jajan sembarangan, makan yang jorok-jorok maksudnya yang berlemak tinggi, santan dan goreng-gorengan, itu justru bukan menjadi pilihan saya. Saya lebih memilih makan sayur, buah, dan makanan yang sehat," pungkasnya.

Baca juga: Kanker Payudara Stadium 3 Tak Membuat Dian Berhenti Berkarya

Yuk simak cerita pejuang kanker yang masih berkarya di video berikut:

(wdw/up)
News Feed