Minggu, 25 Feb 2018 13:06 WIB

Berkaca dari Sridevi, Ini Tanda Serangan Jantung yang Wajib Wanita Tahu

Widiya Wiyanti - detikHealth
Sesak napas adalah salah satu gejala serangan jantung yang sering dialami wanita. Foto: thinkstock Sesak napas adalah salah satu gejala serangan jantung yang sering dialami wanita. Foto: thinkstock
Jakarta - Dunia hiburan Bollywood berduka, aktris senior Sridevi Kapoor meninggal dunia di Dubai pada Sabtu malam waktu setempat. Kabarnya, wanita berusia 54 tahun ini terkena serangan jantung.

Di bawah usia 55 ternyata wanita juga rentan terkena serangan jantung, terutama yang memiliki faktor risiko lebih besar. Dikutip dari health.com, ini lah tanda serangan jantung yang wajib diketahui semua wanita.

1. Sesak napas

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa 42 persen wanita yang mengalami serangan jantung didahului dengan sesak napas. Meskipun gejala ini juga bisa dirasakan oleh pria, namun pada wanita jarang dibarengi dengan nyeri dada.

Baca juga: Aktris Bollywood Sridevi Meninggal di Usia 54 Karena Serangan Jantung, Rentankah?

2. Nyeri tubuh bagian atas

Sakit di leher, punggung, rahang, lengan (biasanya bagian kiri), dan tulang belikat adalah gejala serangan jantung yang sering terjadi pada wanita.

"Saat jantung sedang terluka, rasa sakit bisa dirasakan di daerah lain," dokter ahli jantung, dr Sharonne Hayes.

3. Mual, muntah, dan sakit perut

Tanda yang satu ini kerap kali dikira merupakan tanda dari kondisi lain. Padahal menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kesehatan Amerika Serikat untuk Kesehatan Wanita, wanita dua kali lebih mungkin mengalami mual, muntah, atau gejala seperti gangguan pencernaan saat mengalami serangan jantung.

Hal ini sering terjadi karena suplai darah ke arteri jantung bagian kanan meluas sampai ke dasar jantung, kemudian tersumbat.

4. Kelelahan

Setengah dari wanita yang mengalami serangan jantung melaporkan bahwa mereka tiba-tiba mengalami kelelahan yang tidak jelas penyebabnya.

Suatu penelitian juga menyebabkan 70,7 persen dari 515 wanita mengalami kelelahan lebih dari satu bulan sebelum terkena serangan jantung.

5. Gejala flu

Salah satu gejala yang sering diabaikan juga yaitu mengalami gejala flu, meliputi demam, batuk, atau sakit tenggorokan. Ini adalah kelulahan paling umum pada wanita.

6. Keringat dingin

Jika tiba-tiba merasa keringat dingin tanpa ada alasan yang jelas dan Anda bukan sedang gugup, maka berhati-hatilah mungkin itu salah satu tanda serangan jantung. Satu penelitian terhadap sekitar seribu pasien menemukan keringat dingin adalah gejala dari serangan jantung.

Baca juga: Hati-hati! 5 Tanda Ini Bisa Jadi Gejala Serangan Jantung

(wdw/wdw)
News Feed