Rabu, 28 Feb 2018 13:05 WIB

Riset Ilmiah Buktikan Musik Efektif Bangkitkan Semangat Olahraga

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Peneliti akhirnya memiliki bukti ilmiah jika mendengarkan musik sembari berolahraga memang bermanfaat. Penasaran seperti apa hasilnya?

Riset dilakukan oleh Brunel University, London dengan melibatkan 24 pelari. Masing-masing dipasangi alat bernama 'portable electroencephalogram' di kepala mereka. Alat ini dapat digunakan untuk mengukur gelombang otak

Kemudian mereka diminta untuk berlari sejauh 400 meter dengan kecepatan yang mereka tentukan masing-masing. Mereka juga ditempatkan dalam tiga situasi yang berbeda: mendengarkan musik selama enam menit, mendengarkan podcast atau tidak mendengarkan apapun.

Peneliti juga menggunakan skala tertentu untuk mengukur efek psikis lari bagi partisipan, seberapa besar fokus mereka saat berlari dan seberapa lelah mereka setelahnya.

Ternyata musik dapat mengubah frekuensi otak yang menyebabkan penurunan fokus tetapi sebaliknya membuat pelari 'menikmati' olahraga yang dilakukannya. Tercatat terjadi kenaikan 'kesenangan' yang dirasakan partisipan saat berolahraga sembari mendengarkan musik mencapai 28 persen.

Menurut peneliti, musik dapat memicu perubahan mekanisme otak yang kemudian dikaitkan dengan peningkatan frekuensi gelombang beta di bagian otak seperti frontal dan central cortex.

Baca juga: Ingin Manfaat Maksimal dari Olahraga? Lakukan di Jam-jam Ini

Peneliti juga mencatat lagu hit milik penyanyi Pharrell Williams bertajuk Happy dilaporkan dapat menambah 'kesenangan' tersebut hingga mencapai 13 persen.

Sedangkan ketika mereka mendengarkan podcast, hal ini tidak membuat pelari merasa gembira atau cepat lelah, tetapi ini membuat mereka lebih suka berjalan kaki ketimbang lari atau tidak mendengarkan apapun.

"Kami memperlihatkan bahwa musik punya potensi untuk meningkatkan gelombang beta otak dan memberikan kondisi emosional yang lebih positif sehingga olahraga menjadi terasa lebih menyenangkan," ungkap ketua peneliti, Marcelo Bigliassi seperti dilaporkan Men's Health.

Bigliassi menambahkan, dengan diberi musik, orang-orang yang malas atau kesulitan untuk memulai olahraga bisa terdorong untuk melakukannya.

Baca juga: Jenis Olahraga Seperti Ini Paling Cocok Dilakukan Sambil Dengar Musik (lll/up)
News Feed