Kamis, 01 Mar 2018 14:49 WIB

Mengenal Gangguan Pembuluh Darah yang Dialami Abu Bakar Ba'asyir

Widiya Wiyanti - detikHealth
Abu Bakar Baasyir idap chronic venous insufficiency. Foto: Dok. Tim Kesehatan MER-C Abu Bakar Ba'asyir idap chronic venous insufficiency. Foto: Dok. Tim Kesehatan MER-C
Jakarta - Hari ini (1/3/2018), Abu Bakar Ba'asyir diizinkan meninggalkan Lapas Gunung Sindur untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan perawatan di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM).

"Untuk perawatan ke RSCM, alhamdulillah setelah isu ini terangkat, para pejabat terkait untuk memberikan izin beliau (Ba'asyir) ini juga sudah keluar. Besok beliau rencana akan pemeriksaan di RSCM," kata anak kandung Abu Bakar Ba'asyir, Abdul Rohim Ba'asyir, seperti dikutip dari detikNews, Kamis (1/3/2018).

Hasil pemeriksaan sebelumnya, Ba'asyir mengidap chronic venous insufficiency bilateral atau disebut kelainan pembuluh darah vena berkelanjutan. Penyakit apa itu sebenarnya?

Baca juga: Ba'asyir akan Cek Kesehatan di RSCM Pagi Ini

Dikutip dari health.com, chronic venous insufficiency terjadi ketika katup pembuluh darah tidak bekerja seperti biasanya sehingga darah yang dibawa dari jantung ke seluruh tubuh, tidak bisa kembali lagi ke jantung.

Dalam kondisi ini, darah tidak mengalir kembali dengan benar dan menyebabkan darah terkumpul di kaki yang seiring waktu bisa menyebabkan rasa sakit dan bengkak di bagian kaki.

Beberapa hal yang memungkinkan menjadi penyebab kondisi ini dikutip dari Web MD adalah seseorang yang obesitas, berusia lebih dari 50 tahun, memiliki riwayat penyakit tersebut, dan seorang perokok.

Wanita disebut lebih berisiko mengalami penyakit ini dibandingkan pria. Maka dari itu, ibu hamil pun berisiko terkena chronic venous insufficiency.

Chronic venous insufficiency yang berkelanjutan dapat menyebabkan infeksi kronis yang mengancam jiwa. Nyeri merupakan ciri khas penyakit ini.

Baca juga: Mengenal Penyakit Mikrovaskular, Komplikasi yang Banyak Menyertai Diabetes (wdw/up)
News Feed