Jumat, 09 Mar 2018 10:15 WIB

Curhat Wanita yang Mendonasikan Ginjalnya untuk Selena Gomez

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Foto: Dok. Instagram/franciaraisa Foto: Dok. Instagram/franciaraisa
Jakarta - Seluruh dunia nampaknya terkejut ketika Selena Gomez akhirnya mengungkapkan kepada publik bahwa ia mengidap Lupus pada September 2017 lalu. Tetapi aktris berwajah imut ini telah terdiagnosis sejak tahun 2014.

Penyakit autoimun yang diidapnya telah membuat beberapa organ di tubuhnya mengalami kerusakan. Beruntung, ada teman baiknya Francia Raisa yang menawarkan diri menjadi seorang donor ginjal untuknya.

Kini Francia hanya hidup dengan hanya satu ginjal membuat proses penyembuhannya amat rumit. Wanita berusia 29 tahun ini curhat mengenai prosesnya dalam sebuah interview di acara talkshow bernama Harry di Amerika.

Baca juga: Mengenal Lupus Nephritis, Penyakit yang Menyerang Selena Gomez

"Lebih sulit menjadi donor karena kita kehilangan sesuatu yang seharusnya tubuh kita tidak perlu kehilangan," kata Francia, seperti dikutip dari Health.com. "Aku adalah wanita yang amat sangat aktif. Dokter bilang aku tak boleh bergerak selama dua bulan."

Tiap hari yang dapat aku pikirkan adalah meminum kopi, dan berjalan, dan aku tak bisa melakukannya. Itu sangat-sangat beratFrancia Raisa







Francia mengaku ia tidak bisa melakukan kegiatan yang sangat aktif, kebanyakan yang bisa ia lakukan hanya berjalan. Dan ini amat berat untuknya yang mempunyai peliharaan seekor anjing, di mana ia harus rutin mengajaknya berlari tiap hari.

"Tiap hari yang dapat aku pikirkan adalah meminum kopi, dan berjalan, dan aku tak bisa melakukannya. Itu sangat-sangat berat."

Francia mengungkapkan bagaimana ia akhirnya memutuskan untuk mendonorkan ginjalnya saat itu. Ia bercerita bahwa Selena datang kepadanya dengan keadaan emosional, sampai-sampai ia tidak bisa membuka botol suatu hari dan menangis.

"Aku bertanya padanya 'Ada apa?' dan saat itu ia menceritakannya kepadaku," tutur Francia. Selena juga mengungkapkan kepadanya bahwa ia tidak tahu apa yang harus ia lakukan, karena saat itu ia sedang berada dalam daftar tunggu donor ginjal.


Selebriti atau bukan, setiap pasien harus menunggu datangnya donor dan itu bisa saja memakan waktu lama. Dan donor ginjal bisa menunggu sampai 7 hingga 10 tahun.

Dan saat itulah Francia datang menyelamatkannya. Proses dan operasinya berjalan dengan lancar, Selena pun mengekspresikan apresiasinya lewat postingannya di Instagram.

[Gambas:Instagram]

(Frieda Isyana Putri/wdw)
News Feed