Selasa, 13 Mar 2018 07:35 WIB

Waduh! Peneliti Buktikan Stres Ternyata Bisa Menular

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Ketika seseorang stres ia bisa memengaruhi lingkungan sekitarnya. (Foto: Ilustrasi/thinkstock) Ketika seseorang stres ia bisa memengaruhi lingkungan sekitarnya. (Foto: Ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Meski bukan penyakit infeksi, studi terbaru menyebut stres bisa menular dari satu orang ke orang lainnya. Hal ini dibuktikan dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Nature Neuroscience.

Jaideep Bains dari Hotchkiss Brain Institue, Kanada, menyebut stres sama seperti perasaan dan emosi, yakni bisa memengaruhi orang-orang di sekitarnya. Dengan kata lain, stres yang kita rasakan bisa membuat orang di sekitar kita juga ikut-ikutan stres.

"Penelitian membuktikan bahwa stres dan emosi bisa menular. Namun dampak jangka panjangnya bagi otak masih membutuhkan penelitian lanjutan," ungkap Bains, dikutip dari New York Post.

Bains mengatakan secara tidak langsung, manusia sering membagikan stresnya ke orang lain. Misalnya, dengan menceritakan masalah di rumah atau di kantor kepada teman dekat.

Masalah yang sama mungkin saja dirasakan oleh teman yang diceritakan, sehingga memicu stres. Ada pula kasus lain di mana reaksi seseorang menghadapi stres menjadi stresor bagi orang lain.

"Ini biasa ditemukan pada keluarga atau pasangan yang memiliki PTSD (post traumatic symptoms disorder)," tambahnya lagi.

Namun menceritakan masalah dan stres yang dialami kepada orang lain bukanlah hal buruk. Bains mengatakan justru dengan berbagi cerita, akan timbul empati yang memperkuat ikatan sosial.
(mrs/up)
News Feed