Kamis, 15 Mar 2018 17:13 WIB

Simak! Ini Tanda-tanda Glaukoma yang Tak Boleh Diabaikan

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Glaukoma disebut sebagai pencuri penglihatan karena bisa menyebabkan kebutaan meski tidak memiliki gejala khas. Meski begitu, pakar mengatakan ada beberapa tanda-tanda glaukoma yang bisa terlihat.

dr Astrianda Suryono, SpM(K) dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - RS Cipto Mangunkusumo mengatakan glaukoma pada umumnya, pasien glaukoma tidak merasakan adanya masalah penglihatan. Hal ini karena kebutaan datang secara perlahan dari bagian ekor mata.

Baca juga: Edgar Davids dan Sederetan Tokoh Terkenal yang Terdiagnosis Glaukoma

"Awalnya nggak kerasa memang. Tapi lama-lama, jadi sulit melihat benda yang ada di samping, pandangannya menyempit," ungkap dr Tria kepada detikHealth.

dr Tria menjelaskan bahwa pandangan menyempit sulit diketahui karena orang hanya memanda lurus ke depan. Namun begitu glaukoma memasuki tahap lanjut, pandangan menyempit akan terasa karena sulit melihat dari ekor mata.

Pada tahap ini, dr Tria mengatakan pasien glaukoma akan mulai mudah tersandung. Selain tersandung, pasien glaukoma juga akan lebih sering menabrak orang dan menyenggol meja serta kursi.



"Nabrak-nabrak ini karena luas pandangannya berkurang kan, karena hanya bisa melihat ke depan, jadi yang di samping tidak terlihat," tambahnya lagi.

Tahap selanjutnya ketika glaukoma sudah mencapai level lanjut adalah pasien hanya bisa melihat lurus dan di tengah pandangan. Menurut dr Tria, pasien diibaratkan hanya bisa melihat seukuran lubang kunci, atau bahkan seukuran jarum.

"Setelah itu baru kebutaan, penglihatan menurun drastis dan tidak bisa melihat keadaan di sekitar," tandasnya.

(mrs/up)