Minggu, 18 Mar 2018 19:09 WIB

Waspada Bahaya Gangguan Hormon dari Peralatan Makan Plastik

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Gangguan hormon bukan hanya berasal dari masalah genetik ataupun dari makanan. Benda-benda yang kamu gunakan setiap hari juga bisa sebabkan gangguan hormon. Foto: iStock Gangguan hormon bukan hanya berasal dari masalah genetik ataupun dari makanan. Benda-benda yang kamu gunakan setiap hari juga bisa sebabkan gangguan hormon. Foto: iStock
Jakarta - Gangguan hormon bukan hanya berasal dari masalah genetik ataupun makanan yang kamu makan. Benda-benda yang kamu gunakan setiap hari juga bisa menyebabkan gangguan hormon lho.

"Banyak benda yang kita gunakan dalam keseharian mengandung bahan kimia yang dapat mengubah hormon tanpa kita sadari," tutur Dr Channa Jayasena, pakar endokrinologu dari Imperial College London, dikutip dari Daily Mail.


dr Jayasena mengatakan penggunaan bahan plastik untuk tempat makan dan minum dapat mengganggu fungsi hormon estrogen di dalam tubuh. Peralatan makan dari plastik dapat membuat tubuh terpapar hormon estrogen yang berasal dari luar tubuh.

Pada wanita, hormon estrogen luar (xenoestrogen) dapat meningkatkan risiko endometriosis hingga kanker payudara. Bagi laki-laki, masalah hormon ini dapat menurunkan jumlah sperma hingga memperbesar lingkar pinggang.


"Xenoestrogen yang menumpuk di dalam tubuh juga mempercepat proses penuaan, dan memperlambat metabolisme sehingga berat badan susah turun," tambahnya.

Untuk mengurangi risiko, Kamu bisa melakukan detoksifikasi dengan menjemur barang-barang plastik yang digunakan untuk makan dan minum di bawah sinar matahari.

"Lebih baik lagi jika Anda menggunakan peralatan makan dan minum dari stainless stell atau keramik jika ingin menghangatkannya di microwave," ujar dr Sara Gottfried, penulis buku The Hormone Cure.

(mrs/up)
News Feed