Selasa, 20 Mar 2018 12:41 WIB

Saran Peneliti Agar Tak Terjangkit Flu Saat Naik Pesawat

Firdaus Anwar - detikHealth
Agar bisa lebih baik menghindari flu pilih tempat duduk dekat jendela. (Foto: Thinkstock) Agar bisa lebih baik menghindari flu pilih tempat duduk dekat jendela. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Flu adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan dapat menyebar dari percikan liur ketika orang yang sakit batuk-batuk atau bersin. Oleh karena itu flu diketahui jadi lebih mudah menyebar di ruangan tertutup.

Nah bagi kamu yang bepergian naik pesawat mungkin pernah khawatir ketika ada salah satu penumpang batuk-batuk atau bersin. Ada ketakutan kalau kabin jadi tercemar oleh virus dan kamu akan ikut terjangkit.

Terkait hal tersebut studi terbaru yang dipublikasi dalam jurnal National Academy of Sciences melihat cara terbaik untuk menghindari flu di pesawat. Pemimpin studi Vicki Stover Hertzberg dari Emory University menyarankan agar seseorang duduk di dekat jendela dan jangan pindah-pindah.

Alasannya karena dengan duduk di pinggir dekat jendela kemungkinan untuk terpapar oleh virus dari orang sakit jadi lebih kecil. Bisa karena seseorang jadi tidak sering berdiri jalan-jalan di kabin atau jadi jauh dengan banyak orang yang jalan-jalan di kabin.

"Pilih tempat duduk di pinggir jendela dan jangan bergerak," kata Vicki seperti dikutip dari Fox News, Selasa (20/3/2018).

Eksperimen dengan model matematika serta simulasi komputer melihat ada kemungkinan sekitar 80 persen penumpang yang duduk di pinggir kabin akan pindah jalan minimal sekali dalam penerbangan. Sekitar 62 persen kemungkinan penumpang yang duduk di tengah untuk pindah jalan-jalan dan terakhir hanya 43 persen untuk penumpang di dekat jendela.

Secara rata-rata dalam satu penerbangan pada pesawat dengan kapasitas sekitar 150 penumpang hanya akan ada satu orang baru yang terinfeksi.
(fds/up)
News Feed