Senin, 26 Mar 2018 09:35 WIB

Riset Ini Buktikan Pisang Nutrisi Terbaik usai Olahraga

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Bagi penggemar pisang, bergembiralah karena satu penelitian menyebut makanan ini paling bermanfaat.Foto: ilustrasi/thinkstock Bagi penggemar pisang, bergembiralah karena satu penelitian menyebut makanan ini paling bermanfaat.Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Sah-sah saja mengonsumsi suplemen usai berolahraga, terutama untuk menggantikan energi yang terkuras. Bagi penggemar pisang, bergembiralah karena satu penelitian menyebut makanan ini paling bermanfaat.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal PLOS One tersebut melibatkan 20 pesepeda yang terlatih. Usai berlatih, sebagian di antaranya mengonsumsi pisang, dan sebagian lainnya mengonsumsi minuman berenergi.

Hasil analisis menunjukkan, pisang dan minuman berenergi memberikan efek yang sama dalam hal menggantikan nutrisi dan mencegah inflamasi atau radang usai berolahraga.

"Kembali ke tahun 2012, kami mempubikasikan penelitian bahwa gula dalam pisang mendukung performa sama bagusnya dengan sport drink," kata David Nielman dari Appalachian State University yang melakukan penelitian tersebut, dikutip dari Menshealth.


Nielman dalam penelitian ini mengungkap 18 metabolit unik dalam sampel darah partisipan yang mengonsumsi pisang. Beberapa metabolit menghambat gen yang mempromosikan nyeri dan radang usai berolahraga.

"Gen COX2 ini adalah gen yang sama seperti yang disasar aspirin dan ibuprofen (keduanya adalah antiradang dan pereda nyeri)," kata Nielman.

(up/up)