Rabu, 28 Mar 2018 13:39 WIB

Studi: Nonton Konser Musik Bisa Bikin Jiwa Lebih Sehat

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Orang-orang yang hobi nonton konser musisi boleh merasa senang. Studi menyebut menonton konser bisa membantu menjaga jiwa lebih sehat daripada yoga. Foto: Tasos Katopodis/Getty Images for iHeart Orang-orang yang hobi nonton konser musisi boleh merasa senang. Studi menyebut menonton konser bisa membantu menjaga jiwa lebih sehat daripada yoga. Foto: Tasos Katopodis/Getty Images for iHeart
Jakarta - Orang-orang yang hobi nonton konser musisi boleh merasa senang. Studi menyebut menonton konser bisa membantu menjaga jiwa lebih sehat lebih baik daripada yoga dan mengajak jalan anjing peliharaan.

Penelitian dilakukan oleh Goldsmiths, University of London, kepada 60 partisipan. Partisipan melakukan tiga kegiatan yakni menonton konser, mengikuti kelas yoga, dan mengajak anjing peliharaan jalan-jalan.


Setelah itu, para partisipan diminta melakukan tes psikometri untuk mengukur kadar rasa senang dan stres yang dialami. Partisipan juga diminta menceritakan suasana hatinya usai melakukan tiga kegiatan tersebut.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa 20 menit mendengarkan konser memiliki pengaruh yang lebih baik kepada mood daripada melakukan yoga 10 menit.

"Studi kami memperlihatkan bahwa menonton konser memiliki dampak yang lebih baik bagi rasa senang dan kesehatan jiwa," ungkap Patrick Fagan, pakar psikologi kepribadian dari Goldsmiths, dikutip dari Daily Mail.

Peneliti menduga dampak musik bagi kesehatan jiwa berhubungan erat dengan pelepasan hormon dopamin. Hormon dopamin merupakan hormon yang membuat rasa senang.

Menonton konser secara langsung membuat dopamin meningkat. Hal ini juga dikuatkan oleh penelitian-penelitian sebelumnya yang menyebut mendengarkan musik bisa membuat seseorang merasa lebih baik dan lebih senang.



(mrs/fds)
News Feed