Kamis, 29 Mar 2018 10:43 WIB

Jelang Long Weekend, Yuk Liburan demi Kesehatan Jiwa

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Yuk liburan supaya kesehatan mental tetap terjaga. (Foto: The Trans Resort Bali) Yuk liburan supaya kesehatan mental tetap terjaga. (Foto: The Trans Resort Bali)
Jakarta - Liburan bagi sebagian orang mungkin masih dianggap kemewahan. Padahal menurut pakar kesehatan jiwa, liburan penting untuk menjaga mental tetap sehat.

dr Andri, SpKJ, dari Klinik Psikosomatik RS Omni Alam Sutera, mengatakan prinsip hidup sehat ada empat. Yakni makan sehat dan bergizi, tidur cukup dan berkualitas, aktif bergerak dan olahraga, dan terakhir adalah relaksasi.

"Relaksasi berarti berhenti sejenak dari rutinitas harian kita. Nah, salah satu cara untuk relaksasi yang paling baik adalah liburan dan rekreasi," tutur dr Andri, saat dihubungi detikHealth.

Dikatakan dr Andri, liburan dan rekreasi memiliki dampak baik bagi kesehatan jiwa dan mental. Salah satunya, mengembalikan produktivitas yang sudah mulai mengendur karena padatnya aktivitas dan tekanan.

Liburan juga merupakan momen yang tepat untuk mengambil waktu time-out dari kesibukan pekerjaan. Time-out dibutuhkan untuk beristirahat bagi otak yang setiap hari harus bekerja.

"Saat menghadapi masalah kadang jika kita terus menerus memikirkannya malah nggak ketemua solusinya, makanya butuh time-out. Nah liburan ini bisa jadi sarana juga untuk time-out," tambahnya lagi.

Libur long weekend besok dikatakan dr Andri adalah waktu yang tepat untuk relaksasi dan rekreasi. Jauhkan diri dari pekerjaan sejenak, dan habiskan waktu berharga bersama keluarga dan orang terkasih.

"Gaj perlu merasa bersalah untuk liburan dan rekreasi, karena kan ini demi kesehatan diri sendiri juga," paparnya. (mrs/up)
News Feed