Kamis, 05 Apr 2018 20:44 WIB

Sedetail Apakah Otak Mampu Mengingat? Cek dengan Tes Simpel Ini

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Percayalah, otak tidak selalu bisa mengingat detail (Foto: thinkstock) Percayalah, otak tidak selalu bisa mengingat detail (Foto: thinkstock)
Jakarta - Percayakah bahwa otak punya keterbatasan dalam mengingat detail? Para ilmuwan membuktikannya dalam sebuah eksperimen dengan 4 huruf 'g' yang memiliki detail berbeda.

Berbeda dengan huruf lainnya, huruf 'g' khususnya huruf kecil punya beberapa versi penulisan. Salah satunya dengan ekor melengkung, yang banyak dipakai dalam cetakan novel dan surat kabar.

Walaupun huruf semacam ini sangat sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, nyatanya tidak semua orang mampu mengingat detailnya. Adakah yang ingat, menghadap ke manakah ekor huruf 'g' kecil tersebut?

Foto: john hopkins university



Sebuah penelitian di John Hopkins di Baltimore membuktikan 72 persen orang tidak bisa memilih dengan tepat, manakah versi 'g' kecil yang benar di antara keempat versi tersebut.

"Kita pikir jika kita melihat sesuatu, khususnya jika kita memperhatikan bentuknya seperti yang kita lakukan saat membaca, lalu kita akan tahu bentuknya, tapi temuan kami menunjukkan tidak selalu demikian," kata Prof Michael McCloskey yang melakukan penelitian tersebut, dikutip dari Telegraph.

Sekarang coba tebak, mana yang benar dari keempat huruf 'g' kecil tersebut? Tulis jawabannya di komentar ya!




(up/up)