ADVERTISEMENT

Minggu, 08 Apr 2018 17:16 WIB

Gulungan Rambut 2,6 Kg Bersarang di Lambung Pengidap Sindrom Rapunzel

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Gulungan rambut yang memanjang sampai ke usus dikeluarkan lewat operasi (Ilustrasi: thinkstock)
Jakarta - Seorang gadis 6 tahun di India mengidap kondisi langka Rapunzel Syndrome. Ia gemar sekali menelan rambut hingga terkumpul seberat 2,6 kg di lambungnya.

Butuh operasi untuk mengeluarkan gulungan rambut sepanjang 126 cm tersebut. Kasus ini dilaporkan dalam jurnal BMJ Case Reports.

Para dokter di New Delhi mengungkap kasus itu saat seorang gadis datang dengan keluhan kembung dan nyeri lambung yang menyiksa. Saat diperiksa, ternyata lambung si gadis dipenuhi gulungan rambut yang tidak dicerna.

Gulungan rambut itu bahkan memanjang sampai ke usus si gadis, membentuk ekor yang sangat panjang. Laporan di jurnal ilmiah menggambarkannya dalam judul 'ekor yang terlalu panjang untuk diceritakan'.

Gulungan rambut ini ditemukan dalam perut gadis 6 tahun di IndiaGulungan rambut ini ditemukan dalam perut gadis 6 tahun di India Foto: bmj case reports




Nama sindrom rapunzel berasal dari dongeng tentang putri berambut sangat panjang yang ditawan di atas menara. Ia menggunakan rambutnya sebagai tambang agar bisa bertemu dengan kekasihnya.

Istilah sindrom rapunzel disematkan hanya jika gulungan rambut ditemukan memanjang hingga usus. Biasanya ditemukan pada pasien dengan gangguan mental dan emosional. Dalam kasus ini, pasien dilaporkan tidak memiliki riwayat sakit mental tapi tetap akan menjalani cek kejiwaan.

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT