Minggu, 08 Apr 2018 21:05 WIB

Otak Susah Mengingat? Kelak Ilmuwan Bisa Tanam Memori Buatan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kelak kerusakan memori otak bisa diperbaiki dengan implan (Foto: thinkstock)
Jakarta - Memori prostetik atau memori buatan yang ditanam di otak hampir mendekati kenyataan. Para ilmuwan sukses menguji implan otak yang bisa menyimpan informasi, berguna untuk mengatasi short term memory lost.

Dalam uji kecil dengan 15 pasien di Wake Forest Baptist Medical Center, sistem memori prostetik ini berhasil memperbaiki memori jangka pendek atau short sekitar 35 persen. Robert Hampson yang memimpin penelitian menyebut peningkatan ini sangat besar.

Bagi para ilmuwan, terobosan ini tidak terlalu mengejutkan. Sebelumnya, mereka telah melakukan uji pada binatang di laboratorim dan hasilnya terbilang sukses.

"Yang mengejutkan kami adalah betapa suksesnya ini," kata Robert Hampson yang memimpin penelitian tersebut, dikutip dari Livescience.



Dalam penelitian ini, 15 partisipan yang menjalani perawatan epilepsi diikutkan dalam prosedur pemetaan otak dan penanaman elektroda. Elektroda ditanam di beberapa bagian otak termasuk hippocampus.

Hasilnya, terjadi peningkatan kemampuan mengingat ketika elektroda tersebut diberi stimulasi. Hampson menyebut peningkatan tersebut sangat signifikan.

(up/up)
dMentor
×
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses Selengkapnya