Minggu, 15 Apr 2018 21:03 WIB

Joroknya Pakai Hand Dryer, Tangan Malah Jadi Banyak Bakteri

Firdaus Anwar - detikHealth
Hand dyer atau lap tisu, kamu pilih yang mana untuk mengeringkan tangan? (Foto: Thinkstock) Hand dyer atau lap tisu, kamu pilih yang mana untuk mengeringkan tangan? (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Ketika kamu ingin mengeringkan tangan di toilet umum, biasanya pakai tisu atau hand dryer? Bila jawaban kamu hand dryer sebaiknya mulai sekarang hindari hal tersebut karena studi menemukan tangan malah bisa jadi lebih kotor.

Dipublikasi dalam Applied and Environmental Microbiology Journal, para peneliti dari University of Connecticut menemukan orang-orang yang memakai hand dryer tangannya bisa penuh oleh bakteri. Ini karena angin yang dihembuskan alat selain mengeringkan tangan juga menyebarkan bakteri.

Sampel 36 hand dryer di toilet kampus menunjukkan hanya butuh waktu sekitar 30 detik agar cawan terkontaminasi 18-60 jenis koloni bakteri. Salah satunya bahkan ada yang diketahui datang dari feses.

"Hasil ini menunjukkan bahwa berbagai macam bakteri, termasuk yang berpotensi menjadi patogen dan spora dapat menumpuk pada tangan yang terekspos hand dryer," kata peneliti dikutip dari Fox News, Minggu (15/4/2018).

Apakah hand dryer jadi tempat bersarang bakteri atau sekedar meniupkan bakteri yang ada di ruangan ke tangan belum diketahui pasti oleh peneliti.

Nah ketika lain kali kamu berada di toilet umum, tidak ada salahnya untuk memerhatikan fakta studi ini.
(fds/fds)
News Feed