Selasa, 17 Apr 2018 17:39 WIB

Banyak Warga Entikong Berobat ke Malaysia, Ini Reaksi Menkes

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Menkes kunjungi perbatasan RI-Malaysia di Entikong (Foto: Aisyah/detikHealth) Menkes kunjungi perbatasan RI-Malaysia di Entikong (Foto: Aisyah/detikHealth)
Entikong - Akses, pelayanan, serta fasilitas kesehatan di Indonesia masih jadi kendala di beberapa daerah. Salah satunya di Entikong, sebagai sebuah wilayah yang terletak di perbatasan Republik Indonesia (RI) dan Malaysia. Namun, pemerintah menyadari hal ini dan sudah gencar melakukan pembenahan.

"Kami mendengar laporan kok banyak sekali ya orang Indonesia yang pergi ke Serawak atau Kuching, padahal kami terus memperbaiki. Kami mengharapkan ini (angka pasien Indonesia yang berobat di Malaysia) berkurang. Kenapa tidak di negara kita sendiri?" kata Menkes Nila F. Moeloek, saat ditemui Selasa (17/04/2018), di Pos Lintas Batas Negara, Entikong, Kalimantan Barat.



Menurut Menteri Nila, sebenarnya penyakit yang dikeluhkan oleh orang Indonesia itu sendiri hingga melakukan pengobatan di negera tetangga seperti Malaysia masih bisa diatasi sendiri. Sehingga sebenarnya, dengan melakukan pembenahan sedikit, masalah ini bisa teratasi dengan baik.

"Tadi saya mencoba menggali, data yang mereka pergi (untuk berobat) apa sih, ternyata kita juga bisa (mengatasinya) seperti penyakit diabetes, hipertensi. Sebenarnya penyakit yang bisa kita obati, bukan operasi jantung yang berat atau sebagainya," tambahnya.

Dijelaskan oleh Menteri Nila, ada banyak hal yang menjadi kendala untuk mengatasi masalah yang satu ini. Salah satunya adalah fasilitas nyaman dan punya tampilan yang baik.

"Penampakan fasilitas kesehatan memang memegang peranan, tadi dikatakan oleh dr Hidayat puskesmas dulu yang di bawah itu banjir. Terus kalau sudah ada puskesmas bagus di pinggir jalan seperti ini, salah satu faktor (larinya orang Indonesia berobat ke Indonesia) kita coba hapusnya. Dari segi lain juga, contoh SDM sudah bisa bantu melahirkan, tempat rawatnya ada," pungkasnya.

(ask/up)
News Feed