Selasa, 24 Apr 2018 11:05 WIB

Tentara Ini Jadi Pasien Transplantasi Penis Utuh Pertama di AS

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Transplantasi penis utuh untuk pertama kalinya berhasil dilakukan di Amerika Serikat. Sang pasien adalah seorang tentara yang kehilangan penisnya di Afganistan. Foto: thinkstock
Jakarta - Transplantasi penis utuh untuk pertama kalinya berhasil dilakukan di Amerika Serikat. Sang pasien adalah seorang tentara yang kehilangan penisnya saat perang di Afganistan.

Operasi transplantasi penis dilakukan oleh tim dokter Johns Hopkins Hospital di Baltimore, AS. Tim dokter berisikan sembilan orang dokter bedah plastik dan dua dokter bedah urologi.


Dokter melakukan transplantasi seluruh bagian penis, termasuk skrotum dan batang penis dari donor yang sudah meninggal. Sang tentara mengaku kehilangan penisnya saat terkena ledakan ranjau darat.

Berbicara kepada tim dokter usai operasi, tentara yang ditengarai masih berusia muda ini mengaku merasa normal dan percaya diri setelah kembali memiliki penis.

"Ketika aku pertama kali bangun, aku akhirnya kembali merasa normal, dan memiliki rasa percaya diri," tuturnya.

Tim dokter mengatakan operasi dilakukan pada 26 Maret lalu. Operasi berjalan selama 14 jam dan pasien kini sedang dalam masa pemulihan.

Jika tak ada aral melintang, pasien akan diperbolehkan pulang dari rumah sakit pekan ini. Meski begitu, ia tetap harus melakukan kontrol untuk melihat apakah ada reaksi penolakan dari tubuh usai transplantasi.

"Kami harap transplantasi ini bisa mengambalikan fungsi kemih dan seksual bagi pria ini hingga hampir normal," ujar dr W.P. Andrew Lee, kepala departemen bedah plastik dari Johns Hopkins University School of Medicine, dikutip dari Reuters.

(mrs/wdw)