Senin, 30 Apr 2018 16:04 WIB

Via Vallen Lapisi Headphone dengan Tisu, Dokter Lebih Sarankan Pakai Ini

Widiya Wiyanti - detikHealth
Via Vallen lapisi headphone dengan tisu, dokter sarankan bersihkannya pakai alkohol kertas. Foto: Dok. Instagram/viavallen Via Vallen lapisi headphone dengan tisu, dokter sarankan bersihkannya pakai alkohol kertas. Foto: Dok. Instagram/viavallen
Jakarta - Belum lama ini, pedangdut Via Vallen dihujani komentar netizen karena melapisi headphone dengan menggunakan tisu. Ia berdalih karena headphone tersebut dipakai banyak orang.

Namun dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT), dr Budianto Komari, SpTHT memberi saran ampuh agar tidak tertular kuman, jamur, atau bakteri saat menggunakan headphone atau earphone secara bergantian.

"Bersihkan (headphone atau earphone) pakai alcohol swab, yang kertas itu kalau kita beli galon dibersihkan pakai alkohol kertas itu," katanya kepada detikHealth melalui saluran telepon, Senin (30/4/2018).


Alkohol disebut dr Budianto bisa membunuh kuman, jamur, ataupun bakteri yang ada pada headphone maupun earphone. Sehingga tidak terjadi penularan setelah digunakan orang lain.

"Sedia alkohol kertas saja di kantong. Kalau habis dipinjam langsung bersihkan, tapi jangan di depannya biar nggak tersinggung," saran dokter dari KSMF THT RS Kanker Dharmais itu.

Namun yang dilakukan Via Vallen dengan melapisi headphone dengan tisu pun merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya penularan.

(wdw/up)
News Feed