Kamis, 03 Mei 2018 09:21 WIB

Benarkah Makan Cokelat Hitam Bisa Redakan Stres?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Cokelat hitam bermanfaat untuk meredakan stres. Foto: iStock
Jakarta - Siapa yang tidak suka cokelat, makanan manis nan lezat ini pasti disukai hampir semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Bukan hanya lezat, cokelat juga ternyata memiliki manfaat.

Terutama cokelat hitam atau dark chocolate memiliki manfaat untuk meredakan stres. Wah, cocok banget nih menjadi camilan untuk pekerja kantoran yang memiliki pekerjaan yang sangat melelahkan.

Dikutip dari Real Simple, penelitian munjukkan bahwa cokelat hitam memiliki konsentrasi kakao sebanyak 70 persen. Dan itu memiliki efek positif pada peredaan stres, peradangan, ingatan, suasana hati, bahkan kekebalan tubuh.


Cokelat juga memiliki flavonoid yang bersifat anti-inflamasi. Sifat antioksidan polifenol di dalamnya bisa membantu bekerja melindungi otak dari tingkat sel.

Bukan hanya itu, cokelat hitam juga dapat meningkatkan kemampuan neuroplasticity, yaitu kemampuan otak untuk menyesuaikan dan menciptakan koneksi baru yang terjadi saat belajar dan beradaptasi dengan hal-hal baru pada sehari-hari.

Namun untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut, kamu harus memastikan mengonsumsi cokelat hitam dengan label setidaknya 70 persen kakao. Karena jika kurang dari itu, bisa jadi manfaatnya pun tidak sebanyak yang disebut tadi.



(wdw/up)