Senin, 07 Mei 2018 16:05 WIB

Video Viral Ini Tunjukkan Dampak 20 Tahun Merokok Pada Paru-paru

Firdaus Anwar - detikHealth
Dalam hitungan hari video yang menunjukkan dampak rokok pada paru-paru ini viral. (Foto: Facebook/Amanda Eller) Dalam hitungan hari video yang menunjukkan dampak rokok pada paru-paru ini viral. (Foto: Facebook/Amanda Eller)
Jakarta -
Meski sudah banyak studi, ilustrasi, dan contoh diberikan tampaknya masih ada saja yang sulit menerima bahwa merokok berdampak buruk untuk kesehatan tubuh. Nah seorang perawat dari Amerika Serikat tidak menyerah untuk menyuarakan hal tersebut dan membagikan video yang kemudian jadi viral.

Diunggah di Facebook pada 23 April lalu, video oleh Amanda Eller sudah ditonton sebanyak lebih dari 50 juta kali dan dibagikan lebih dari 600 ribu pengguna lainnya. Amanda mengunggah dua video yang menunjukkan perbandingan antara paru-paru seorang perokok dan paru-paru sehat ketika dialirkan udara.

"Kena kanker, paru-paru orang yang menghisap 1 bungkus rokok setiap hari selama 20 tahun melawan paru-paru sehat. Masih mau merokok?" tulis Amanda seperti dikutip pada Senin (7/5/2018).

Dalam video pertama ditunjukkan sepasang paru-paru nomal berwarna kemarahan mengembang dan mengempis saat terisi udara. Ini mencontohkan bagaimana seharusnya paru-paru bekerja sehingga seseorang dapat bernapas dengan baik.



Sementara itu dalam video kedua ditunjukkan sepasang paru-paru berwarna hitam. Ketika dialirkan oleh udara paru-paru tersebut tampak mengembang tapi kemudian hampir secara instan mengempis tanda bahwa elastisitasnya sudah jelek.

"Karena ini adalah paru-paru PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis -red), paru-paru yang sudah kena kanker, elastisitasnya hilang. Paru akan mengembang tapi kemudian memantul kembali," ujar suara dalam rekaman.



Nah bagaimana komentar kamu sendiri setelah melihat video itu? (fds/up)
News Feed