ADVERTISEMENT

Selasa, 08 Mei 2018 16:51 WIB

Dokter: Penyakit Lupus Bisa Menyerang dari Ujung Rambut Hingga Kaki

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Penyakit lupus tak hanya menyerang satu organ saja, namun bisa menyerang beberapa organ tubuh sekaligus. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Lupus merupakan salah satu penyakit autoimun yang merepotkan. Sebabnya, lupus tak hanya menyerang satu organ saja, namun bisa menyerang beberapa organ tubuh sekaligus.

dr Sumariyono, SpPD-KR, Divisi Reumatologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM), menyebut lupus bisa menyerang dari ujung rambut hingga ujung kaki.

"Penyakit radang sistemik karena autoimunitas, yang sifatnya non-organ spesifik. Jadi menyerang dari ujung rambut hingga kaki," ujar Sumariyono, dalam diskusi Hari Lupus Sedunia, di Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM), Jl Percetakan Negara, Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (8/5/2018).



Dijelaskan oleh dr Sumariyono, lupus menyerang seluruh anggota badan. Dampak penyakit lupus bisa terlihat di kulit, sendi, sistem saraf, ginjal, paru, jantung, sel darah, dan lain-lain.

Lupus merupakan salah satu penyakit autoimun, di mana sistem imunitas atau kekebalan tubuh seseorang kehilangan kemampuan untuk membedakan subtansi asing (non-self) dengan sel dan jaringan tubuh sendiri (self). Kondisi ini membuat sistem kekebalan tubuh menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh yang sehat.

Gejala dan tanda Lupus dapat muncul dari berbagai organ, misal otot dan sendi yang terasa nyeri tanpa sebab jelas, kulit sensitif terhadap matahari, dan kaki bengkak karena gangguan ginjal. Gangguan ginjal karena lupus juga bisa menyebabkan buang air kecil keruh, berbusa, dan kemerahan.

(mrs/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT