Sabtu, 12 Mei 2018 16:15 WIB

Gara-gara Gigit Kuku, Pria Ini Nyaris Tewas Karena Infeksi

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Foto: Ilustrasi/thinkstock Foto: Ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Luke Hanoman (28) memang terbiasa menggigit kukunya saat dilanda rasa cemas. Tapi dia tidak menyangka bahwa luka kecil yang ada pada salah satu jari tangannya bisa membuatnya berada di ujung tanduk.

"Pada suatu hari, aku menggigit kulit di sisi kuku. Lumayan sakit tapi aku enggak mikir yang enggak-enggak soal itu," kata bapak dari dua anak tersebut.

Dalam beberapa hari, ia mengalami gejala yang cukup mengerikan. Ia tidak bisa fokus, mulai berkeringat dingin hingga gemetar. Jarinya pun membengkak dan mulai nyut-nyutan. Awalnya ia mengira ini hanya infeksi virus biasa, sehingga mengabaikannya.

Setelah itu ia tertidur dan bangun pada jam 2 siang keesokan harinya. Ketika ibunya datang untuk mengecek keadaanya, Hanoman telah mengalami demam tinggi dan terdapat garis merah di sekujur tubuhnya, yang dapat menjadi tanda infeksi. Ibunya menelepon Dinas Kesehatan Nasional, dan dia disarankan untuk segera membawa putranya ke rumah sakit.


"Mereka memberi tahuku bahwa aku beruntung dapat bertahan begitu lama. Aku hampir mengalami septic shock," kata Hanoman kepada The Sun.

"Para dokter dan perawat benar-benar baik. Mereka tidak memberi tahuku betapa buruknya itu karena aku pikir mereka berusaha untuk tidak membuatku mengkhawatirkannya. Ketika aku merasa lebih baik, baru deh mereka mengatakan bahwa ku kalau aku beruntung masih hidup."

Sepsis adalah kondisi yang berpotensi mengancam kehidupan, di mana sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap infeksi yang dapat melukai jaringan tubuh melebihi infeksi umumnya. Sepsis dimulai dengan menyerang fungsi organ dan pada akhirnya mengakibatkan septic shock-- kadang dapat menurunkan tekanan darah secara fatal.

Kalau kamu atau orang terdekatmu masih senang gigit-gigit kuku sebaiknya mulai menghentikan kebiasaan yang satu ini ya. Jika rasa panik jadi alasan kamu menggigit kuku, alihkan dengan bermain stress ball misalnya. Demikian dikutip dari Men's Health.

(ask/Frieda Isyana Putri)
News Feed
CNN ID
×
Layar Demokrasi
Layar Demokrasi Selengkapnya