Senin, 14 Mei 2018 12:15 WIB

Menkes Sebut 3 Korban Kritis, Luka Bakar 90 Persen

Widiya Wiyanti - detikHealth
Menkes Nila F Moeloek (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Dalam kunjungannya ke sejumlah rumah sakit di Surabaya Minggu (13/5/2018) sore, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mencatat korban bom Surabaya sebanyak 13 orang meninggal, serta 47 orang luka-luka. Dari jumlah tersebut ada 3 korban kritis dengan luka bakar 90 persen.

"Yang juga berat bagi kami mengatasi pasien yang luka bakar 90 persen. Itu di RS Soetomo. Ada yang satu pas saya sampai sana pas meninggal," kata Menkes Nila, ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (14/5/2018).

Dalam rilis resminya, Kementerian Kesehatan menyebut 3 korban teror bom di Surabaya mengalami luka bakar 99 persen dan dalam kondisi kritis. "Untuk pasien yang kondisinya kritis dan tingkat kesulitannya tinggi saat ini sedang dirawat di RSUD Dr Soetomo," kata Menkes Nila dalam rilis tersebut.



Benda-benda yang menyebabkan luka pada korban teror bom, disebut Menkes Nila 'luar biasa cukup berat'. Beberapa korban mengalami luka di kepala terkena serpihan kaca, dan sebagian sudah diperbolehkan pulang.

Menkes Nila mengunjungi sejumlah rumah sakit di Surabaya yang menjadi rujukan bagi para korban teror bom. Sejumlah rumah sakit yang dikunjungi Menkes Nila tersebut adalah RS Dokter Soetomo, RS Bedah Surabaya, dan RS Angkatan Laut Ramelan.

(wdw/up)