Rabu, 16 Mei 2018 08:00 WIB

Kebanyakan Lansia Punya Masalah Kesehatan, Hanya 13,2 Persen yang Bugar

Widiya Wiyanti - detikHealth
Foto: Instagram/anneeversfraser
Jakarta - Berdasarkan penelitian yang dilakukan ahli gerontologi, Prof Dr dr Siti Setiati, SpPD-KGER, MEpid di tahun 2013, lansia yang benar-benar sehat tanpa penyakit kronik dan bisa mandiri hanya sekitar 13,2 persen.

Sedangkan yang memiliki penyakit namun masih bisa mandiri atau disebut prarenta sekitar 61,6 persen. Sisanya 25 persen memiliki penyakit dan sudah tidak bisa mandiri atau disebut renta.

"50 persen lansia itu ada hipertensi," ujar Prof Siti dalam pers conference di Ruang Maharmardjono Gedung Adhyatma Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan, Senin (14/5/2018).


Kebanyakan lansia tidak bisa mengelola penyakit kronis yang sudah ada sebelumnya, sehingga penyakit-penyakitnya tersebut mengganggu para lansia untuk bisa mandiri.

"Banyak yang tidak mengontrol (penyakitnya). Kalau sudah tinggi biasanya nggak kerasa," tutur dokter yang juga dari Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI).

Selain hipertensi, penyakit seperti diabetes, kolesterol, jantung koroner, dan demensia biasanya dialami oleh para lansia.

(wdw/up)