Kamis, 17 Mei 2018 18:25 WIB

Liburan Tak Bawa Sikat Gigi, Gosok Pakai Tangan atau Pinjam Sikat Gigi?

Nabilla Nuri - detikHealth
Lupa bawa sikat gigi? Harus pinjam atau gosok pakai jari? Foto: Getty Images Lupa bawa sikat gigi? Harus pinjam atau gosok pakai jari? Foto: Getty Images
Jakarta - Lupa membawa sikat gigi saat liburan memang menyebalkan. Solusinya ada dua, apakah harus meminjam sikat gigi teman yang ada, atau menggosok gigi dengan jari?

Profesor Damien Walmsley, dari British Dental Association mengatakan tidak akan mau meminjam sikat gigi orang lain. Sikat gigi orang lain bisa saja penuh dengan bakteri dari mulut orang lain. Terlebih ada risiko orang tersebut memiliki penyakit gusi atau gusi berdarah, hingga risiko adanya bakteri yang ada di dalam darah.

Baca juga:

"Jadi saya tidak akan merekomendasikan menggunakan sikat gigi orang lain, bahkan jika kalian sudah menikah, sebaiknya tidak menggunakan sikat gigi yang sama. Membersihkannya dengan air keran pun tidak akan membantu," ujarnya

Bagaimana dengan pilihan kedua? Menurut Walmsley ia juga tidak akan membersihkan gigi dengan jari. Sebabnya, membersihkan gigi dengan jari tidak akan efektif dan bisa berisiko melukai gusi.

Lalu apa solusi ketika tidak membawa sikat gigi untuk berlibur? Menurut Walmsley, lebih baik tidak melakukan keduanya, dan mendiamkannya hingga kembali pulang ke rumah dan menyikat gigi dengan sikat gigi Anda sendiri.

"Saya pikir Anda akan lebih baik meninggalkannya - pergi selama 24 hingga 48 jam tanpa membersihkan gigi Anda, selama itu satu kali saja, tidak akan menyebabkan bahaya jangka panjang," ujarnya.

Trik lain untuk membersihkan gigi tanpa sikat gigi adalah dengan berkumur atau mengunyah permen karet. Berkumur dan mengunyah permen karena dapat membantu menyegarkan nafas, dan jangan lupa juga minum air untuk menghilangkan sebagian besar makanan yang menempel di antara gigi.

(mrs/mrs)
News Feed