Jumat, 18 Mei 2018 07:07 WIB

Dokter Sebut Tak Apa Lap Tangan di Celana Jika Tak Ada Tisu di Toilet

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Kuman lebih suka bersarang pada tangan yang lembab. Jadi ketika menyentuh sesuatu yang kotor atau dirasa kurang bersih pada saat keluar kamar mandi, kemungkinan besar kuman masih menempel pada tangan.

Masalahnya, tak ada tisu maupun pengering tangan di kamar mandi. Dr Lisa Ackerley, seorang ahli kesehatan lingkungan menyarankan jika mengalami hal seperti ini agar tidak menggunakan handuk basah yang ada di situ.


"Saya jadi takut membayangkan apa yang ada di handuk kamar mandi umum yang digunakan bersama," katanya, dikutip dari Daily Mail.

Handuk basah adalah lingkungan yang sempurna bagi bakteri untuk berkembang. Kamar mandi yang lembab dan sangat disukai bakteri, bahkan sel kulit mati itu makanan yang paling disukai oleh bakteri.

Karena itu menurut dr Ackerley, tidak mengapa jika Anda mengelap tangan di celana. Alasannya, celana yang kering lebih baik dan risiko paparan kuman berkurang daripada mengelap tangan di handuk basah.

Tetapi tidak hanya handuk tangan yang ada di kamar mandi umum yang perlu diwaspadai. Sebuah studi 2013 dari University of Arizona menemukan E.coli ada di lebih dari seperempat handuk rumah tangga yang mereka uji.

"Perlindungan terbaik adalah cuci secara teratur handuk tangan dan sebaiknya jangan menggunakan handuk bersama," ujarnya.

(mrs/mrs)
News Feed