Selasa, 22 Mei 2018 14:02 WIB

Viral! Bocah Ini Ginjalnya Keracunan, Kabarnya Kebanyakan Minuman Manis

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Bahaya mengintai ginjal mereka yang jarang minum air putih. Foto: iStock Bahaya mengintai ginjal mereka yang jarang minum air putih. Foto: iStock
Jakarta - Imbauan untuk sering meminum air putih kadang tak dianggap serius oleh banyak orang, termasuk pada anak-anak. Ketertarikan anak-anak pada makanan dan minuman yang memiliki rasa tertentu bisa menjadikan bahaya untuk mereka jika dikonsumsi secara berlebihan.

Inilah yang terjadi pada Adrian Alfa Rizky atau Rian asal Jakarta. Bocah berusia 11 tahun ini dikabarkan meninggal pada Sabtu (19/5/2018) akibat gangguan ginjal yang ia alami. Sebelumnya, menurut unggahan Siti Choirunisah di Facebook, Rian sempat alami koma singkat.

Awalnya Siti mengunggah foto Rian saat koma di rumah sakit dengan judul Pentingnya Peran Air Putih. Namun ia memutuskan untuk menghapusnya karena tidak ingin membuat keluarganya bersedih dan mengunggahnya ulang di akun Instagramnya @siti.choirunisah namun tanpa foto. Cerita tentang Rian yang diunggahnya kemudian menyebar di media sosial.

Siti menceritakan bahwa Rian sering meminum minuman manis dan soft drink dan jarang meminum air putih. Pada Jumat pagi, Rian muntah-muntah dan akhirnya dilarikan ke puskesmas yang kemudian dirujuk ke sebuah rumah sakit di Jakarta.


"Sampai RS di ugd belum ada tindakan, dan beberapa lama kemudian Rian di test darah dll. Sampai Rian bilang 'Mamah pulang yuk, aku udah ga kuat sakit banget' Dan setelah hasil keluar Rian langsung di rujuk ke ICU," tulis Siti dalam unggahan tersebut, dikutip pada Selasa (22/5/2018).

Disebutkan olehnya bahwa hasil menunjukkan kadar gula darah Rian melonjak naik hingga 500 mg/dL dan ginjalnya juga sudah terpengaruh. Rian terus menangis karena tak kuat menahan sakit hingga sesak napas.

Dokter memasangkan alat bantu napas di hidung untuk Rian namun terus ditarik olehnya, mengakibatkan ia lemas dan dan semakin sulit untuk bernapas. Dan akhirnya dokter memasangkan selang, namun Rian malah koma setelah selang tersebut terpasang.


Sayangnya beberapa jam kemudian, nyawa Rian tak lagi tertolong. Hal ini membuat Siti teringat pada Januari lalu ia kehilangan teman karena hal yang sama, ginjal beracun akibat terlalu sering minum teh manis atau soft drink yang menurutnya agar lebih segar.

Peneliti dari Virginia Tech University, Kiyah J. Duffey, beberapa waktu lalu menuturkan mengganti minuman sarat gula dengan air putih secara signifikan dapat membantu mengurangi berat badan serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Karena konsumsi kalori tambahan dari minuman manis dan bergula diketahui dapat meningkatkan risiko penambahan berat badan dan obesitas. Selain itu, kebiasaan ini juga meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular, serta menaikkan trigliserida dan merusak ginjal, seperti yang terjadi pada Rian.

[Gambas:Instagram]





(frp/up)