Kamis, 24 Mei 2018 10:10 WIB

Cerita Istri Will Smith, Alami Kebotakan di Usia 46 Tahun

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Jada Pinkett Smith, istri Will Smith, mengalami kebotakan tanpa penyebab yang jelas. Ia pun bercerita soal kondisinya itu. Foto: Getty Jada Pinkett Smith, istri Will Smith, mengalami kebotakan tanpa penyebab yang jelas. Ia pun bercerita soal kondisinya itu. Foto: Getty
Jakarta - Masalah kebotakan bisa dialami pria dan wanita. Jada Pinkett Smith, istri dari aktor Will Smith, menjadi sorotan setelah mengaku mengalami kebotakan di usia 46 tahun.

Dalam acara Red Table Talk yang ia pandu bersama sang putri, Willow, Jada mengaku sedang bermasalah dengan kebotakan. Awalnya, hanya beberapa helai yang rontok saat mandi. Namun Jada menemukan bahwa rambutnya semakin hari semakin menipis.



"Tidak mudah membicarakan kebotakan, terutama bagi wanita. Itulah alasan mengapa aku sekarang sering menggunakan turban. Ya, karena aku mengalami masalah kebotakan," ungkap Jada, dikutip dari Daily Mail.

Jada mengaku takut ketika pertama kali menemukan rambutnya mulai rontok. Pemeriksaan medis tidak mengindikasikan adanya penyakit tertentu. Namun dokter mengatakan, bisa jadi Jada mengalami kebotakan karena gejala menopause.

Ia juga disebut mengalami apa yang dinamakan alopecia. Alopecia adalah kebotakan akibat pengaruh hormon, dan terjadi karena dua hal.

Sebab pertama adalah penyakit autoimmune. Penyakit autoimmune membuat sel-sel kekebalan tubuh menyerang folikel rambut sehat yang akhirnya membuat rambut rontok.

Sebab lainnya adalah alopecia bawaan lahir, biasanya ditandai dengan kebotakan hanya di bagian-bagian tertentu di kepala.

Kini Jada mengaku menerima kondisi kebotakannya dengan ikhlas. Ia menjadikan kebotakan sebagai alasan untuk menggunakan turban dan penutup kepala dengan gaya.

"Kenapa harus takut kehilangan rambut? Aku menggunakan turban dengan gaya, dan aku merasa seperti ratu ketika kepalaku tertutup," ujarnya.

Baca juga: (mrs/up)
News Feed