Jumat, 25 Mei 2018 04:45 WIB

Video: Kata Mereka Soal Ngantuk Saat Puasa

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Ada beragam cara yang dilakukan orang-orang untuk mengusir kantuk saat puasa. (Foto: 20detik) Ada beragam cara yang dilakukan orang-orang untuk mengusir kantuk saat puasa. (Foto: 20detik)
Jakarta - Saat puasa, rasa kantuk bisa menyerang kapan saja. Lonjakan gula darah sehabis sahur bikin ngantuk, gula darah yang menipis setelah lewat tengah hari juga bikin ngantuk. Lah, ngantuk terus dong?

"Jam 7 udah ngantuk sih, jam 8 ngantuk lagi. Ya pokoknya ngantuk terus sih," kata Bayi Bintang, seorang mahasiswa di Jakarta.

Selain karena faktor fluktuasi gula darah, rasa kantuk saat puasa juga dipengaruhi oleh volume tidur yang memang lebih sedikit. Beberapa orang harus bangun pada pukul 03.00 pagi untuk mempersiapkan makan sahur, dan tidak tidur lagi sesudahnya. Wajar dong, kalau mengantuk di siang hari.



Tapi tenang, selalu ada cara untuk mengatasi rasa kantuk. Marwan misalnya, karyawan swasta di Jakarta Selatan ini mengatasi kantuknya dengan selalu bergerak. Antara lain jalan kaki ke kamar mandi untuk kucek-kucek mata.

Kalau kamu, bagaimana caranya mengatasi kantuk? Share di komentar ya!



Simak juga pengakuan mereka soal serangan ngantuk saat puasa di video ini:

[Gambas:Video 20detik]

(up/fds)