Selasa, 29 Mei 2018 08:24 WIB

Ini Saran Dokter Jika Akan Olahraga Saat Menstruasi

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Boleh saja olahraga saat menstruasi, asal lebih dijaga kebersihan area kewanitaan. (Foto: thinkstock) Boleh saja olahraga saat menstruasi, asal lebih dijaga kebersihan area kewanitaan. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Berolahraga disaat sedang menstruasi memang dirasa kurang nyaman bagi beberapa wanita, terlebih jika perdarahan sedang banyak-banyaknya. Tidak mau kan olahraga menjadi tidak nyaman dan terganggu saat menstruasi?

Kepada detikHealth, dr Yassin Yanuar MIB, SpOG, MSc dari RS Pondok Indah - Puri Indah menjelaskan soal olahraga saat menstruasi. Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan berolahraga saat menstruasi.

"Yang harus diperhatikan adalah olahraga sesuai kemampuan fisik dan higiene area kewanitaan, karena akan berkeringat jadi harus lebih menjaga kebersihan," ujar Yassin.



Sementara itu dr Hendrivand, SpOG menyarankan untuk cek kondisi tubuh, memastikan ada atau tidak ada kelainan organ ketika olahraga.

"Pastikan tidak ada kelainan organ, misal susukan selaput darah yang masuk ke otot rahim atau tumpah hingga ke rongga perut," ujar dr Hendrivand.

Hendrivand juga menyarankan agar aktivitas air sebaiknya tidak dilakukan ketika sedang menstruasi dan olahraga berat karena saat haid terjadi peradangan. Hal tersebut dikhawatirkan akan menambah banyak perdarahan yang timbul.



Simak juga video "Ini Alasan Tidak Bercinta saat Wanita Menstruasi!" berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed