Rabu, 30 Mei 2018 08:37 WIB

Mulai dari Jerawat Hingga Kerutan yang Menunjukkan Kondisi Tubuhmu

Widiya Wiyanti - detikHealth
Jerawat hingga kerutan bisa menunjukkan kondisi tubuh. Foto: Dok. Getty Images Jerawat hingga kerutan bisa menunjukkan kondisi tubuh. Foto: Dok. Getty Images
Jakarta - Duh jerawat! Duh muncul kerutan! Dan masih banyak lagi masalah-masalah yang hadir di wajah kita yang membuat kita tidak percaya diri, minder, dan bahkan tidak mau keluar rumah.

Tapi tahukah kamu bahwa masalah-masalah yang muncul di wajah kita juga bisa menandakan kondisi kesehatan kita? Dikutip dari New York Post, simak penjelasannya.

1. Rosacea

Rosacea atau kulit kemerahan sering kita jumpai pada wajah, mungkin karena sensitif terkena sinar matahari, atau bahkan alergi terhadap sesuatu.

Namun ternyata rosacea itu berkaitan dengan kesehatan usus dan permasalahan diet. "Para dokter kulit sering memberi pasien antibiotik untuk itu, namun saya melihat hasil yang serius dengan penggunaan vitamin spesifik yang dioleskan secara topikal ke area tersebut. Dalam kombinasi dengan melihat lebih dekat pada diet," kata terapis kulit Isabella Loneregan.


2. Jerawat

Jerawat bukan hanya terjadi karena perubahan hormonal tubuh, namun juga bisa disebabkan adanya bakteri di kelenjar sebaceous atau kelenjar mikroskopis yang terletak dibawah kulit.

"Biasanya disebabkan oleh bakteri di kelenjar sebaceous, sebum terinfeksi dan kulit mati yang berlebihan di permukaan dan di folikel," kata Isabella.

3. Garis-garis halus dan kerutan

Hampir semua orang berpendapat bahwa garis-garis halus dan kerutan akan muncul seiring bertambahnya usia. Namun menurut Ellen Malone, ahli terapi kulit canggih dari Bronzalicious di CBD dan Neutral Bay Sydney, penyebab umumnya adalah gula.

"Selain dehidrasi, paparan sinar matahari, dan penuaan biologis, konsumsi gula berlebih sekarang terkait dengan glycation, sebuah proses yang membuat kolagen Anda rapuh dan kurang tahan lama," katanya.

4. Warna kulit berbeda

Sering kali warna kulit wajah terlihat berbeda mungkin dikarenakan perbedaan intensitas paparan sinar matahari. Tapi ada penyebab lebih dari itu. Pigmentasi terjadi ketika hormon terganggu atau merusak melanosit, yaitu sel penghasil warna kulit.

Pigmentasi juga bisa berkaitan dengan kanker kulit yang kerap kali tak bergejala. Namun salah satu tandanya adalah tahi lalat yang tidak normal warna, ukuran, dan bentuknya.

5. Beruntusan

Beruntusan atau milia kerap kali kita temukan di kulit wajah, baik di dahi, pipi dekat mata, atau bahkan hidung dan dagu. Itu merupakan simpanan lemak yang sedikit keras dai bawah kulit.

Selain sering menggunakan produk yang tidak cocok dan genetik, ternyata beruntusan atau milia itu menunjukkan bahwa tubuh kekurangan vitamin atau mineral lho.

(wdw/up)
News Feed